Pesona Alam Sijunjung: 5 Destinasi yang Akan Membuat Anda Terpukau!

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Sijunjung, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, tidak hanya terkenal karena letak geografisnya yang strategis sebagai jalur penghubung antara Provinsi Jambi dan Riau, tetapi juga karena kekayaan destinasi wisatanya. Mulai dari wisata alam, buatan, hingga budaya, Sijunjung memiliki segalanya. Berikut ini adalah lima destinasi wisata indah di Sijunjung yang siap menemani liburanmu.

1. Geopark Silokek

Read More
Jurnal

Desa Wisata Silokek di Kabupaten Muaro Sijunjung terkenal dengan ngarai-ngarai, tebing yang menjulang tinggi, dan sungai bersih berpasir putih. Keunikan dan keindahan alamnya menyebabkan Geopark Silokek diresmikan sebagai Geopark Nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 30 November 2018. Geopark ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang luar biasa, tetapi juga kekayaan biologis dan geologis yang menakjubkan, termasuk keberadaan spesies langka seperti padma rafflesia, tapir, dan harimau sumatera.

2. Perkampungan Adat Sijunjung

Dikenal juga sebagai “Lorong Waktu Minangkabau”, Perkampungan Adat Sijunjung adalah rumah bagi kurang lebih 76 rumah adat dari 6 suku yang berbeda. Sebagian dari rumah adat ini dijadikan homestay yang menawarkan pengalaman menginap yang unik sambil menikmati kuliner khas dan kerajinan tangan lokal seperti Galamai dan Songket. Selain itu, tradisi makan bajamba, sebuah kebiasaan makan bersama-sama, masih terus dilestarikan di perkampungan ini.

3. Ngalau Lagung Aie Angek

Ngalau Lagung terletak di Nagari Aie Angek dan merupakan gua terbesar di Sijunjung. Goa ini dikenal dengan stalaktit dan stalagmitnya yang indah serta dua kolam pemandian alami yang airnya berasal langsung dari pegunungan di sekitarnya. Tak hanya sebagai destinasi wisata alam, Ngalau Lagung juga cocok untuk kamu yang mencari tempat perkemahan yang asri.

4. Danau Kembar

Danau Kembar, terletak di ketinggian dan dikelilingi oleh hutan pinus, menawarkan pemandangan yang tenang dan damai. Ideal untuk piknik atau sekadar bersantai di tengah alam, Danau Kembar menyajikan pesona alam yang tak terlupakan dengan pemandangan gunung dan hutan hijau yang mengelilinginya.

5. Rumah Gadang Sijunjung

Sebagai pusat kebudayaan, Rumah Gadang Sijunjung menyajikan arsitektur Minangkabau yang khas dan menawarkan cerita serta sejarah yang kaya tentang masyarakat Sijunjung. Merupakan simbol kebanggaan dan tradisi, rumah gadang ini menjadi destinasi yang patut dikunjungi untuk memahami lebih dalam tentang kekayaan budaya Sumatera Barat.

Kunjungan ke Sijunjung tidak akan lengkap tanpa menyaksikan keindahan alam dan kekayaan budaya yang ditawarkan oleh destinasi-destinasi diatas. Dari pengalaman alam yang menyegarkan hingga pelajaran budaya yang mendalam, Sijunjung menjanjikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Sijunjung menyimpan potensi wisata yang luar biasa dengan keindahan alamnya yang masih alami dan budaya lokal yang kental. Destinasi-destinasi diatas hanya sebagian kecil dari keajaiban yang bisa kamu jelajahi. Jadi, sudah siapkan liburanmu ke Sijunjung?

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *