Perayaan Imlek di Solo Kembali Digelar, Setelah Dua Tahun Vakum

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – SURAKARTA, Setelah dua tahun akibat pandemi COVID-19, acara Imlek kembali digelar di Kota Solo. Keyakinan dalam perayaan Imlek disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Gibran mengatakan, kinerja vaksinasi di Solo sudah terbukti cukup tinggi. “Jangan batalkan tahun ini. Kondisi Wong juga sudah sedikit membaik, dan pencapaian vaksinasinya cukup tinggi. Saya yakin  tahun ini masih bisa merayakan Imlek, tapi ya ada batasannya,” kata Gibran, Kamis (13/1/2022).

Gibran mengatakan rangkaian acara Imlek tahun ini akan tetap sama seperti tahun lalu, hanya Grebeg Sudiro yang tidak digelar tahun ini.

“Kegiatannya yang kita hilangkan hanya Grebeg Sudiro karena itu potensi kerumunannya besar. Nanti kita akan koordinasi dengan Satgas Covid, nanti kita kawal semua, yang jelas kita pengen acaranya tetap berjalan meski dengan pembatasan agar masyarakat tetap aman,” paparnya. 

Selain itu, penyelanggaran Imlek akan dilakukan dengan sejumlah pembatasan.

Sementara itu, Sumartono Hadinoto, Ketua Panitia Bersama Tahun Baru Imlek 2022, mengatakan  perayaan Imlek tahun ini akan difokuskan pada tiga kegiatan yaitu pemasangan lampion, Cap Go Meh, serta karnaval Liong dan Barongsai.

“Jadi sebenarnya tahun ini panitia Imlek tidak mengirimkan Imlek, mengingat situasi pandemi belum berakhir, apalagi ada varian Omicron. Namun, dengan dukungan Walikota Gibran yang memberi semangat jangan sampai Imlek tahun ini tidak ada lagi.” Imbuhnya.

Seiring berjalannya waktu, Sumartono mengatakan beberapa perayaan besar Imlek akan diselenggarakan agar perayaan Imlek tidak kehilangan semangat sebagai simbol keberagaman.

“Acara Imlek kali ini tidak mengadakan bazar Imlek seperti biasanya karena keadaan. Sangat disayangkan stan dibuka ketika jumlah penonton terbatas, tetapi perlu diperhitungkan bahwa terlalu berbahaya jika ada banyak orang. Yang terpenting, sebagai bentuk kebhinekaan, acara Cap Go Meh  tetap digelar 15 hari setelah Imlek di Balai Kota Solo,” pungkas Sumartono.(/BayRaharjo)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *