Penyebrangan Ketapang Gilimanuk Jelang Natal 2023

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyiapkan 49 unit kapal feri untuk operaional jelang Natal 2023 dan tahun baru 2024 di lintas Ketapang-Gilimanuk. Rute ini adalah jalur penyebrangan utama yang menghubungkan pulau Jawa dan Bali.

Terkait pergerakan penumpang selama liburan Natal dan tahun baru, prediksi kenaikan jumlah penumpang mencapai 5% dari realisasi angkutan lebaran tahun 2023 lalu. Artinya, jumlah penumpang diperkirakan bisa mencapai 904,496 orang, sebagaimana dikatakan oleh Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin di Jakarta.
Natal dan tahun baru adalah momen yang sangat dinantikan bagi setiap individu untuk berlibur dan mencoba merasakan suasana baru. Menyambut lonjakan jumlah penumpang ini, PT ASDP memastikan telah menyiapkan infrastruktur dan fasilitas yang memadai, termasuk kapal dan dermaga. Ada sebanyak 7 pasang dermaga, yang terdiri atas dermaga moveable bridge, ponton, dan plengsengan di Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk.
Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ASDP melakukan beberapa perbaikan dan peningkatan fasilitas penyeberangan untuk memastikan layanan yang lancar dan aman bagi para penumpang. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan Pelabuhan Jangkar di Situbondo, Jawa Timur sebagai alternatif pelabuhan saat periode puncak.
Adapun terkait proyeksi pemudik, arus mudik Natal diperkirakan akan terjadi mulai Jumat, 22 Desember hingga Sabtu, 23 Desember. Sedangkan arus balik diprediksi berlangsung dari Selasa, 26 Desember hingga Rabu, 27 Desember 2023. Sementara itu, puncak arus berangkat kedua diperkirakan akan terjadi pada Jumat, 29 Desember dan Sabtu, 30 Desember 2023, sementara arus balik pada Senin, 1 Januari hingga Selasa, 2 Janurari 2024.
Dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan, mari kita harapkan operasional penyebrangan Ketapang-Gilimanuk bisa berjalan lancar dan aman selama periode liburan Natal dan tahun baru ini. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *