Pemerintah Studi Kebijakan Pungutan Retribusi Turis Mancanegara ke Bali Rp150.000

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Jakarta, Pemerintah tengah membahas usulan pungutan retribusi khusus wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bali sebesar Rp150.000 per orang. Kebijakan ini dalam rangka menggali potensi pendapatan asli daerah dan menjaga kelestarian budaya serta lingkungan di Pulau Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan bahwa pungutan retribusi ini sedang dikaji dan didiskusikan dengan berbagai pihak. Setelah kebijakan ini mendapat landasan hukum yang kuat melalui peraturan daerah, barulah akan disosialisasikan.
“Yang Rp150.000 sedang kami diskusikan, kami telaah dan nanti setelah mendapatkan kekuatan hukum baik melalui peraturan daerah (perda), regulasi tentu akan kami sosialisasikan, saat ini kami minta masukan dari semua pihak,” ujar Sandiaga Uno.
Pungutan ini diharapkan dapat digunakan untuk melestarikan budaya, alam, konservasi serta adat dan budaya di Provinsi Bali, dan bersamaan dengan meningkatkan kualitas pariwisata yang ada di pulau tersebut.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, menjelaskan bahwa pungutan retribusi ini akan diterapkan saat wisman memasuki Bali atau melalui sistem pembayaran digital yang transparan dan terukur sebelum tanggal kedatangan.
“Pembayaran pun dapat dilakukan melalui e-Payment atau secara digital, sehingga dinilai lebih transparan dan terukur,” kata Tjok Bagus Pemayun.
Pemayun menambahkan bahwa usulan retribusi ini telah disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali dan saat ini sedang dalam proses penggodokan.
Rencana pungutan ini diharapkan dapat membantu menjaga budaya, alam, dan lingkungan Bali agar berkelanjutan, aman, dan nyaman. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *