Pawai Kirab Budaya Awali Pagelaran Tifaf 2023, Dimulai dari Halaman Gerbang Raja Tenggarong

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF) 2023 secara resmi dibuka dengan pawai kirab budaya yang meriah pada tanggal 9 Juli 2023. Festival ini melibatkan berbagai paguyuban kedaerahan, sanggar seni budaya, serta peserta dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Pawai kirab budaya, sebagai awal rangkaian acara, berlangsung mulai dari Halaman Gerbang Raja Tenggarong dan berakhir di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara. Acara ini dihadiri dan disambut hangat oleh Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, yang memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada para peserta pawai.
Selain sebagai langkah untuk mempertahankan tradisi seni budaya Indonesia, Bupati Edi Damansyah menjelaskan bahwa pawai kirab budaya juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan pariwisata. Dasar dari upaya ini adalah, dengan melestarikan kesenian dan budaya, kita berusaha untuk memperkaya warisan budaya dan merangsang pertumbuhan pariwisata dan ekonomi lokal.
Jumlah pesertanya yang beragam, yang berasal dari berbagai paguyuban kedaerahan dan sanggar tari, memamerkan seni budaya yang sangat beragam dan luar biasa. Berbagai tarian dan atraksi budaya, mulai dari Tari Jepen Kreasi, Tari Dayak, Tari Piring Khas Minangkabau, Reog Ponorogo, hingga Seni Bela Diri, menjadikan pawai ini sebagai pesta budaya yang meriah dan dinamis.

Berbagai atraksi ini disajikan dan disaksikan oleh ratusan warga Kutai Kartanegara yang memadati halaman Kedaton. Ini adalah bukti nyata dari antusiasme warga lokal dan pengunjung dari berbagai daerah lainnya dalam menikmati kekayaan seni budaya di Indonesia.
TIFAF 2023, yang berlangsung selama lima hari, akan berakhir pada Jumat, 14 Juli 2023 mendatang. Diharapkan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya Indonesia serta memberikan dorongan positif bagi pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.
Jadi, marilah kita sambut dan hargai kekayaan budaya kita melalui berbagai acara semacam ini. Karena pada dasarnya, seni dan budaya adalah jembatan yang menghubungkan masa lalu, masa kini, dan masa depan. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *