Nenek 71 Tahun Asal Bekasi Sukses Mendaki Gunung Rinjani dan Memecahkan Rekor MURI

banner 468x60
Foto: Gunung Rinjani

KANGENTRAVELING.COM – Anar Tiur Samosir, nenek berusia 71 tahun asal Bekasi, Jawa Barat, telah mengukir sejarah dengan menjadi perempuan tertua yang berhasil mencapai puncak Gunung Rinjani. Kegigihannya dalam meraih prestasi ini mengantarkannya memperoleh Piagam Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Gunung Rinjani, yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut. Anar berhasil mencapai puncak pada Juni 2023.
Perjalanan tersebut tidaklah mudah, memakan waktu empat hari tiga malam, dimulai pada tanggal 18 Juni dan berakhir pada 21 Juni 2023.
Laluan yang dilalui menghadirkan tantangan tersendiri, mulai dari padang rumput atau sabana, hutan, hingga jalan berkontur terjal. Selama pendakian, Anar harus melintasi pasir dengan kondisi matahari terik dan angin kencang. Meski begitu, Anar berhasil mencapai puncak pada jam 14.00 WITA, ketika kebanyakan pendaki lainnya sudah turun.
Anar, yang merupakan lulusan Sarjana Sastra Belanda Universitas Indonesia (UI) dan Master of Anthropology, mengungkapkan rasa gembira dan kepuasan yang tak terlukiskan. “Pengalaman yang luar biasa mendaki puncak Gunung Rinjani. Bukan apa-apa, orang lain tengah turun dari puncak, ini saya masih mencoba ke puncak,” ucapnya.
Pendakian ini tidak hanya memperlihatkan fisik yang kuat, namun juga mental dan semangat yang luar biasa dari seorang nenek berusia 71 tahun. Persiapan fisik dilakukan Anar sejak dua bulan sebelum pendakian dengan berlatih naik turun tangga di rumahnya dan yoga secara rutin.
Kisah menginspirasi ini bukan hanya membuktikan bahwa usia hanyalah angka, tetapi juga memberikan inspirasi bagi banyak orang, terutama generasi muda, untuk berani mengejar impian dan mencapai prestasi meskipun dalam keterbatasan. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *