Mitos Telaga Ranjeng, Berani Ambil Ikan Bakal Terkena Bencana Angin Puting Beliung dan Hujan Deras

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM, Brebes – Kabupaten  Brebes Jawa Tengah ternyata memiliki banyak objek wisata yang indah dan salah satunya adalah wisata cagar alam Telaga Ranjeng.
Telaga ranjeng yang berada di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Jawa Tengah merupakan salah satu obyek wisata alam di dekat wisata perkebunan Teh Kaligua.
Selain memiliki pemandangan yang indah Telaga Ranjeng syarat dengan mitos yang kental.
Salah satu mitos yang dipercaya masyarakat bahwa barang siapa mengambil ikan dari telaga maka akan ditimpa musibah. Sehingga tidak ada yang berani mengambil apalagi mengkonsumsinya.
Kepala Desa Pandansari Irwan Susanto mengatakan bahwa ada beberapa mitos salah satunya jika ada yang berani mengambil ikan untuk dibawa pulang maka akan ada bencana alam seperti puting beliung.
“Ketika orang mengambil ikannya nanti akan ada bencana seperti puting beliung dan hujan turun deras.” ungkap Irwan saat ditemui beberapa waktu lalu.
Lanjut Irwan mitos-mitos tersebut mereka ciptakan yang tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian yang ada ditelaga Ranjeng.
“Dan mitos-mitos kita ciptakan yang tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian yang ada ditelaga ini” terangnya.
Selain itu Desa Pandansari juga ada Festival Budaya Ratiban yaitu bertujuan melestarikan apa yang ada di telaga ranjeng.
“Disini setiap tahun mengadakan Festival Budaya Ratiban yaitu nguri-ngurin ekosistem yang ada ditelaga Ranjeng.” pungkas Kepala Desa Pandansari Irwan Susanto.
Selain dikenal dengan mistisnya telaga ranjeng ini berfungsi sebagai resapan dan penampung air hujan sehingga daerah sekitar telaga tidak pernah kekeringan walau dilanda kemarau panjang. (*)
Artikel ini sebelumnya telah di publikasikan oleh jurnalpantura.com.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *