Menparekraf: “WCCN Grand Tour Series 2023” Perkaya Ragam Wisata Bahari Indonesia

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kabaprekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi perhelatan Women’s Cycling Community Nusantara (WCCN) Grand Tour Series 2023. Event ini menjadi salah satu ajang yang mengusung pemberdayaan perempuan dan mendorong pengembangan sport tourism sekaligus memperkaya ragam wisata bahari di Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi dalam acara “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (24/7/2023). Beliau mengungkapkan, acara ini akan kick off di Gedung Sapta Pesona Jakarta pada 30 Juli 2023 dan diselenggarakan di beberapa kota lain seperti Bandung pada Agustus, Bali pada September, dan Borobudur pada Oktober.
WCCN Grand Tour Series 2023, yang digagas oleh Women’s Cycling Community Nusantara (WCCN), akan menjadi ajang bergengsi bagi komunitas sepeda wanita di Indonesia. Selain mempromosikan olahraga sepeda, tujuan dari WCCN juga diharapkan dapat meningkatkan tumbuh kembang perekonomian dalam negeri, khususnya sektor pariwisata.
Dalam konteks pariwisata, acara ini diharapkan dapat menjadi representasi kemajuan wisata bahari di Indonesia dengan menggabungkan olahraga sepeda dan aktivitas wisata bahari yang menarik. WCCN Grand Tour Series 2023 akan menjadi titik balik bagi sektor pariwisata dan menciptakan lebih banyak peluang bagi perkembangan ekonomi lokal.
“Mungkin tahun depan grand tour-nya include Labuan Bajo dan kita coba fasilitasi dengan Injourney dan sebagainya,” ujar Sandi.
Menparekraf mengingatkan bahwa pemerintah akan terus mendukung acara seperti ini. Hal ini merupakan upaya nyata pemerintah dalam menggali potensi pariwisata, menguatkan ekonomi kreatif, dan mendorong partisipasi perempuan dalam berbagai sektor. Pada akhirnya, inisiatif ini dapat meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia sebagai destinasi pariwisata yang inklusif dan beragam.
Founder Women’s Cycling Community Nusantara Komisi Wanita Sepeda PB ISSI Tabitha Sumendap mengatakan semenjak pandemi minat masyarakat untuk berolahraga terutama kalangan perempuan naik hingga 1.000 persen“Kami sebagai komunitas berharap perempuan-perempuan Indonesia semakin sehat, terus bergerak. Dan juga menggunakan sarana transportasi sepeda ini enggak cuma sebagai hobi atau olahraga, hopefully untuk menjadi sarana transportasi sehari-hari,” katanya.
Spokesperson WCC Nusantara Grand Tour Series 2023 Poppy Zeidra menyatakan komitmen nyata dalam mendukung program-program Kemenparekraf salah satunya dengan mempromosikan DPSP melalui kehadiran event olahraga.“Ayo ikut Grand Tour WCC ini karena ini adalah salah satu kesempatan kita sebagai warga negara Indonesia untuk meningkatkan multiplier effect ekonomi terutama di sektor parekraf dalam mencapai target 8,5 juta wisman untuk datang ke Indonesia dan pergerakan 1,4 miliar wisatawan nusantara sehingga multiplier effect ekonomi dari sektor parekraf tercapai.
Acara ini menjadi ajang penting bagi para peserta untuk mengasah kemampuan mereka dalam bersepeda, sambil menyaksikan keindahan wisata bahari Indonesia secara langsung. Diharapkan acara ini akan mampu menciptakan suasana yang kondusif untuk perkembangan sport tourism, dan pada akhirnya mendorong pariwisata dan ekonomi Indonesia untuk semakin maju. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *