Menjelajahi Jembatan Kaca Tangerang: Landmark Ikonik dengan Keunikan Tersendiri

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Jembatan Kaca Tangerang yang terletak di Kota Tangerang, Banten, menawarkan berbagai keunikan dan menjadi salah satu landmark yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke kota ini.

Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan di sekitar jembatan ini dan menjadi tempat nongkrong warga sekitar serta wisatawan yang datang.

Jembatan Kaca Tangerang: Selayang Pandang
Jembatan Kaca Tangerang atau yang lebih dikenal sebagai Jembatan Berendeng, merupakan penghubung dua wilayah, yaitu wilayah Benteng Makassar di kecamatan Tangerang dan wilayah Gerendeng di kecamatan Karawaci.
Diresmikan pada Februari 2018 oleh walikota Sachrudin, jembatan ini memiliki luas 7×2,5 meter dengan daya tampung maksimal 60 orang dan beban maksimal berat badan masing-masing 80 kg.
Jarak dari jembatan ke permukaan Sungai Cisadane di bawahnya adalah sekitar 5 meter, dengan ketinggian yang membuat pengunjung sering berfoto sambil menunjukkan lapisan kaca transparan jembatan.

Keunikan Jembatan Kaca Tangerang

Berfoto Cantik di Atas Jembatan Kaca
Salah satu daya tarik utama Jembatan Kaca Tangerang adalah kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang lapisan kaca transparan dan sungai Cisadane.
Gedung-gedung tinggi di sekitar jembatan akan menjadi latar belakang yang menawan untuk foto Anda.
Namun, sebelum melangkah ke atas kaca, pengunjung diharapkan melepas alas kaki terlebih dahulu untuk menghindari goresan pada permukaan kaca.
Bermain dan Bersantai di Taman Cisadane Walk
Tak jauh dari jembatan, di belakang Plaza Robinson, terdapat taman Cisadane Walk yang dilengkapi dengan replika meriam dan bangunan mirip benteng.
Paving di taman dihiasi dengan berbagai warna cerah, membuatnya menjadi lokasi yang asyik untuk beristirahat atau bermain bagi anak-anak dan warga sekitar.
Beberapa permainan anak juga tersedia di taman ini, seperti ayunan dan jungkat-jungkit.
Jembatan Penuh Warna
Desain Jembatan Kaca Tangerang yang penuh warna cerah seperti merah, kuning, biru, dan orange, membuatnya semakin menarik perhatian pengunjung.
Pada malam hari, keindahan jembatan kian terlihat dengan sinar lampu yang menyala di sepanjang jembatan. Bangunan benteng yang terdapat di tepi jembatan merupakan ikon dari kawasan Benteng Makassar.
Tempat Nongkrong Asyik
Di sekitar jembatan terdapat beberapa warung makan yang menyajikan jajanan pasar dengan harga terjangkau. Selain itu, terdapat dermaga apung yang bersebelahan dengan jembatan dan sering digunakan untuk memancing.
Dermaga apung ini membentang sepanjang 70 meter di sungai Cisadane dan dicat dengan warna cerah seperti merah, hijau, dan biru.
Kawasan Olahraga
Banyak warga yang menghabiskan waktu di sekitar Jembatan Kaca Tangerang untuk berolahraga seperti jogging, bersepeda, atau bermain skateboard. Fasilitas yang tersedia di area ini meliputi area parkir yang luas, toilet, dan mushola.
Lokasi dan Tiket Masuk
Jembatan Kaca Gerendeng Karawaci Tangerang berada di Desa Sukarasa, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten. Berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Tangerang dan memiliki panjang sekitar 120 meter dengan lebar 13 meter. 
Pengunjung dapat mengakses jembatan ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum lainnya.
Di hari-hari libur dan sore hari pada hari Sabtu hingga Minggu, jembatan ini digunakan khusus untuk car free day. Tempat ini terbuka untuk umum tanpa tarif yang dikenakan kepada pengunjung. 
Namun, ada aturan yang telah ditetapkan untuk melewati jembatan kaca, yaitu tidak mengenakan alas kaki saat berada di atas kaca.
Keunikan dan berbagai aktivitas menarik di Jembatan Kaca Tangerang membuatnya menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Tangerang. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *