Menikmati Pesona Air Terjun Banyumala di Bali

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Air Terjun Banyumala merupakan salah satu destinasi wisata alam di Bali yang menawarkan pemandangan memukau serta suasana yang menenangkan. Berkunjung ke tempat ini, kita akan disuguhi pesona air terjun yang jernih dan aliran air yang tenang, menciptakan panorama indah yang sulit dilupakan.

Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Banyumala
Air Terjun Banyumala terletak di dasar lembah Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Wilayah ini dikenal dengan keindahan air terjunnya dan kawasan dataran tinggi Bali Utara yang dikelilingi oleh barisan bukit-bukit.
Untuk menuju kesana, kita harus berkendara sekitar 65 km atau 2,5 jam dari kota Denpasar. Selama perjalanan, kita akan melintasi Danau Beratan di Desa Candikuning dan Danau Buyan di Desa Pancasari. Jika berkunjung pada bulan Juli hingga Agustus, kita akan disambut aroma khas cengkeh dan kopi selama melakukan perjalanan.
Keindahan Air Terjun Banyumala
Air Terjun Banyumala memiliki tiga bagian aliran air yang berlomba jatuh menuju kolam dan membentuk deras anak-anak sungai di bawahnya. Pemandangan ini menciptakan suasana tenang dan membuat hati terasa lebih ringan.
Kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun ini memiliki kedalaman sedang, cukup aman bagi pengunjung yang ingin berenang atau berendam di bebatuan pinggirnya. Pada momen tertentu, kita bisa melihat pelangi yang menghiasi kolam tersebut.
Pengelolaan dan Fasilitas
Air Terjun Banyumala dikelola oleh penduduk Desa Wanagiri yang tinggal di sekitar lokasi air terjun. Meski cukup populer di kalangan traveler, fasilitas penunjang di tempat ini masih terbilang kurang karena tidak adanya fasilitas umum seperti toilet dan ruang ganti.
Untuk menikmati keindahan Air Terjun Banyumala, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk Rp10.000. Tempat ini menawarkan petualangan yang seru dan mengasyikkan, mulai dari perjalanan menuju lokasi hingga trekking menyusuri jalan setapak sekitar 2 kilometer.
Perjalanan treking ini akan terasa lebih menarik dengan suasana hutan yang rimbun, udara segar, dan kicauan burung yang bersahut-sahutan. Namun, untuk benar-benar menikmati setiap momen di Air Terjun Banyumala, hindari akhir pekan saat berkunjung ke sini agar bisa menghindari keriuhan pengunjung yang datang.
Beberapa tantangan yang dihadapi oleh pengelolaan Air Terjun Banyumala adalah akses jalan yang masih buruk dan kurangnya perhatian dari pemerintah daerah terhadap wisata daerah. Namun, dengan tetap mempertahankan keindahan dan keaslian alam, objek wisata ini tetap menawarkan pengalaman yang berkesan bagi para pengunjung.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *