Menikmati Keindahan Danau Tondano di Sulawesi Utara

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Danau Tondano, terletak di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, merupakan danau terbesar di provinsi tersebut. Dikelilingi oleh gunung-gunung dan padang hijau yang luas, danau ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Kedalaman Danau Tondano
Pada 30 tahun yang lalu, Danau Tondano memiliki kedalaman mencapai 30 meter. Namun, saat ini kedalamannya hanya tinggal 13,5 meter. Hal ini disebabkan oleh sedimentasi yang terakumulasi setiap tahun, yang juga berpengaruh pada luas danau yang kini tinggal 4.700 hektare.
Wisata Danau Tondano
Danau Tondano dikelilingi oleh Gunung Kaweng, Bukit Tampusu, Pegunungan Lembean, dan Gunung Masarang. Kawasan ini menawarkan udara yang dingin dan menyegarkan, serta pemandangan yang indah. Dari tepi danau, wisatawan dapat melihat Gunung Kaweng dan pulau yang terdapat di tengah danau.
Aktivitas para nelayan dengan keramba atau penangkap ikan melengkapi suguhan pemandangan di daerah ini. Tondano merupakan danau yang menghasilkan ikan tawar, seperti ikan mujair, nike, payangka wiko atau udang kecil, pior atau kabos, dan lain-lain. Sambil menikmati keindahan danau, wisatawan juga dapat menyantap ikan bakar dari restoran-restoran yang terdapat di tepi danau.
Beberapa objek wisata yang ada di sekitar Danau Tondano antara lain Sumaro Endo (resort dan rekreasi keluarga) di Remboken, Bukit Pinus Toliang Uki, dan Gua Tikus Tasuka.
Rute Danau Tondano
Untuk menuju Danau Tondano, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Manado menuju Tomohon. Jarak tempuh Manado ke Tomohon sekitar 24,9 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 53 menit. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dari Tomohon ke Danau Tondano dengan jarak sekitar 22,3 kilometer dan waktu tempuh kurang lebih 46 menit[[1%5E]](https://regional.kompas.com/read/2023/01/07/211327978/danau-tondano-di-sulawesi-utara-wisata-kedalaman-dan-rute?page=all).
Danau Tondano menawarkan pengalaman wisata yang menarik dengan pemandangan alam yang indah, aktivitas nelayan, dan kuliner khas ikan tawar. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi danau ini saat berada di Sulawesi Utara.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *