Menikmati Indahnya Danau Kelimutu di Flores

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Bali bukanlah satu-satunya destinasi wisata yang memukau di Indonesia. Ada banyak destinasi lain yang menawarkan keindahan alam yang tak kalah mempesona, salah satunya adalah Danau Kelimutu yang berada di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Flores. Menikmati indahnya Danau Kelimutu tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Nusa Tenggara Timur bukan hanya dikenal dengan keindahan pantainya, tetapi juga dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Salah satunya adalah Danau Kelimutu atau Tiwu Kelimutu. Bukan hanya populer di dalam negeri, danau ini juga menarik hati para wisatawan dari luar negeri.
Danau Kelimutu adalah ikon wisata di Flores dengan tiga danau kawah yang berwarna-warni di puncak gunung Kelimutu. Dari ketiga danau tersebut, dua berada di sebelah barat dan satu berada di sebelah timur. Uniknya, warna dari ketiga danau ini bisa berubah-ubah.
Danau ini sering disebut-sebut sebagai danau ajaib karena perubahan warna airnya bisa berlangsung dalam satu hari saja. Warna air andau tersebut biasanya bervariasi, mulai dari merah, biru, putih, hingga hijau.
Keindahan Danau Kelimutu membawa pengaruh besar terhadap sektor pariwisata di Flores. Menurut data dari Badan Pusat Statistika (BPS), jumlah kunjungan wisatawan ke danau ajaib ini selalu meningkat setiap tahunnya.
Namun, disisi lain, perubahan warna Danau Kelimutu juga membawa dampak terhadap kehidupan lokal. Beberapa dari mereka mencoba menafsirkan perubahan warna danau sebagai tanda alam.
Berbagai perspektif masyarakat terhadap Danau Kelimutu, baik positif maupun negatif, membuka peluang untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam rangka meningkatkan kualitas pariwisata dan ekonomi lokal sekaligus melestarikan keunikan dan kelestarian alam ini. 

Harga Tiket
Harga tiket masuk ke Danau Kelimutu bervariasi tergantung asal pengunjung:
  • Domestik: Rp 15.000/orang
  • Mancanegara: Rp 150.000/orang
Ada juga biaya parkir yang dikenakan terhadap kendaraan:
  • Motor: Rp 5.000
  • Mobil: Rp 10.000
Rute
Untuk bisa sampai ke Danau Kelimutu, pengunjung harus menempuh rute dari kabupaten Ende menuju desa Moni. Jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 50 km. Dari Moni, perjalanan dilanjutkan sekitar 15 km menuju pintu masuk wisata Taman Nasional Kelimutu.
Fasilitas
Ada beberapa fasilitas yang disediakan di Danau Kelimutu, di antaranya:
  • Area parkir
  • Tempat beristirahat/gazebo
  • Toilet
  • Spot foto menarik
  • Warung makan dan minum.
Danau Kelimutu adalah tempat wisata yang memiliki berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung. Dengan harga tiket yang terjangkau dan rute yang tidak terlalu rumit, Danau Kelimutu bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *