Mengenal Karakter Pandawa lima di Hari Wayang Nasional

banner 468x60

 

KANGENTRAVELING.COM –  Seperti yang kalian tahu, bahwa Indonesia beragam akan kebudayaan dan suku bangsa, terutama dalam bidang seni. Hampir tiap daerah mempunyai ciri khas masing masing budaya yang dimiliki. Salah satu seni yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia yaitu Wayang. Wayang sendiri memiliki berbagai ragam jenis wayang mulai dari wayang kulit, golek, sampai wayang rumput. Wayang juga memiliki banyak karakter dan cerita. Salah satu karakter yang terkenal adalah Pandawa Lima.

Bertepatan dengan Hari Wayang Nasional, 7 November 2020 ayo kita belajar lebih dalam lagi mengenai karakter wayang Pandawa Lima dari banyaknya karakter yang ada dalam tokoh pewayangan. Siapa sih yang tidak tahu tokoh wayang ini, sejak kita berada di bangku sekolah dasar atau sejak kecil sudah dikasih tahu sama gurh dan orang tua kita mengenai tokoh wayang ini. Jadi bukan hal asing lagi kalo mendengar tokoh wayang Pandawa Lima. Tapi apakah sobat tau masing – masing karakter dari ke lima tokoh ini? Yukkk sekarang baca artikel ini sampai selesai supaya tahu lebih dalam karakter mereka masing masing.

1. Yudistira
Yudistira atau Puntadewa sapaan kecilnya adalah putra pertama dari pasangan Pandu dan Dewi Kunti. Didalam cerita pewayangan Yudistira ini pemimpin negara, negara disebut negara Amarta.
Yudistira memiliki beberapa karakter yang baik ditiru oleh tingkahblaku manusia, karakter teraebut adalah bijaksana, jujur, dan pemaaf. Satu lagi Yudistira dikenal sangat taat dalam urusan agama.
2. Bima
Bima ketika kecil memiliki nama sebagai sena. Dalam kisah pewayang Bima atau Sena diceritakan merupakan penjelmaan dari Dewa Bayu. Bima diceritakan memiliki fisik yang sangat kuat dan raut wajah yang sangar dibanding dengan saudara – saudaranya.
Walaupun Bima memiliki wajah yang sangar tetapi beliau memiliki hati yang sangat baik. Bima memiliki sifat sosok yang jujur, gagah berani, kuat, dan patuh pada perintah. Didalam kisah pewayangan jawa, Bima biasanya dipanggil dengan sebutan Werkudara yang memiliki anak bernama Gatotkaca, Antareja, dan Antasena. 
3. Arjuna
Arjuna mungkin ini menjadi favorit kalian ya. Ketika kecil Arjuna juga memiliki nama panggillan lain, namanya yaitu Permadi. Dikenal sangat suka berkelana, pandai memanah,  dan rajin menimba ilmu. Karena kepintarannya Arjuna ditunjuk sebagai perancang strategi ketika melawan Kurawa.
Sifat yang bisa kita tiru dikehidupan dari Sang Raja Madukara ialah pendiam, santun, teliti, dan suka menolong yang lemah. Karena rajin belajar, maka ia menjadi orang yang cerdik dan pandai. Meski dikenal si pendiam, ia juga dikenal berani apalagi dalam melawan kejahatan dan menegakkan kebenaran.
4. Nakula
Si tampan Nakula memiliki nama kecil Punten, Punten disini bukan diartikan permisi ya sob (Bahasa Jawa). Ia adalah tokoh yang paling tampan didalam cerita pewayangan dengan keahlian yang dimilikinya yaitu pedang. 
Walaupun Nakula memiliki paras wajah yang tampan tetapi ia tidak sombong seperti fuck boy, hehe. Ia dikenal karena memiliki karakter yang setia, jujur, patuh pada orang tua, dan menjaga rahasia, serta pandai membalas budi orang lain. 
5. Sadewa
Kembaran dari Nakula ini memiliki nama kecil yaitu Tangsen. Sang penulis cerita wayang sepertinya sangat anomali ya. Mungkin, kalau penulis yang mainstream akan menamai dengan Nakula-Dakula atau Sadewa-Badewa atau Upin-Ipin. 
Karakter yang bisa kita ambil daru Sadewa adalah rajin dan bijaksana. Tak heran bila beliau menjadi  ahli dalam ilmu astronomi. Sadewa sebagaimana kembarannya, juga punya sifat jujur, setia, dan bisa menjaga rahasia. 
Dari kelima karakter tersebut mana sih yang menjadi favorit kalian? Jawab dikolom komentar ya. Jangan lupa bagikan tulisan ini ke teman teman kamu

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *