Mengenal Jenis-Jenis Kopi: Arabika, Robusta, Liberika dan Ekselsa

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Secangkir kopi dapat menjadi teman di awal hari, menemani diskusi yang panjang, atau sekadar penghangat di waktu senggang. 

Namun, tahukah Anda bahwa dibalik secangkir kopi terdapat beberapa jenis biji kopi yang berbeda? Berbagai jenis kopi ini memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing yang mempengaruhi rasa, aroma dan efek yang akan ditimbulkan saat Anda meminumnya.
Berikut ini adalah empat jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi di dunia.
1. Kopi Arabika
Arabika adalah jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi dan berkontribusi sekitar 60% dari produksi kopi dunia. Biji kopi Arabika pertama kali ditemukan di Ethiopia dan memiliki cita rasa yang tinggi tingkat keasaman (acidity), tekstur (body) yang ringan, dan kadar kafein yang lebih rendah dibanding jenis Robusta. Arabika juga dikenal memiliki rasa dan aroma yang kompleks, sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan tempat kopi ini ditanam.
2. Kopi Robusta
Jenis biji kopi ini merupakan yang terpopuler kedua setelah Arabika dengan kontribusi sebanyak 40% dari total produksi kopi dunia. Robusta berasal dari Afrika sub-Sahara dan lebih mudah ditanam serta lebih tahan terhadap penyakit dibanding Arabika. Karakteristik kopi Robusta adalah rasa yang kuat dan pahit, sering digunakan sebagai bahan kopi instan maupun espresso.
3. Kopi Liberika
Meski tidak sepopuler Arabika dan Robusta, kopi Liberika memiliki sejarah yang menarik. Biji kopi ini berasal dari Liberia, Afrika dan pernah menjadi pengganti Arabika saat penyakit coffee rust menyerang tanaman kopi. Liberika memiliki rasa yang kuat dan unik dengan aroma yang terdiri dari bunga dan buah.
4. Kopi Ekselsa
Berasal dari Chad, Afrika Tengah, Ekselsa adalah jenis kopi yang langka dan baru pertama kali ditemukan pada tahun 1904. Kopi ini memiliki rasa yang cenderung seperti buah-buahan dengan karakteristik rasa asam, kuat dan earthy.
Setiap jenis kopi memiliki karakteristiknya masing-masing yang tentunya tiada duanya. Pengalaman meminum kopi pun dapat menjadi sangat berbeda tergantung dari jenis kopi apa yang Anda konsumsi. Jadi, sudahkah Anda menemukan jenis kopi favorit Anda? (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *