Mengenal Gunung Argopuro: Jalur Pendakian Terpanjang di Pulau Jawa yang Menawan

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Mendaki gunung merupakan aktivitas yang banyak diminati, terutama di kalangan anak muda. Selain menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, pendakian juga dapat menghilangkan penat dari kesibukan di kota. Salah satu gunung yang menjadi tujuan menarik para pecinta alam adalah Gunung Argopuro, yang memiliki jalur terpanjang di Pulau Jawa

Lokasi Gunung Argopuro
Terletak di perbatasan Probolinggo, Situbondo, Jember, dan Bondowoso, Gunung Argopuro memiliki ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan bagian dari kawasan Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Hyang.
Jalur Pendakian Gunung Argopuro
Gunung Argopuro memiliki dua jalur pendakian, yaitu jalur Bremi yang berada di Kabupaten Probolinggo dan jalur Baderan yang berlokasi di Kabupaten Situbondo. Dibutuhkan waktu sekitar empat hingga lima hari untuk menaklukkan jalur pendakian ini karena trek yang lumayan panjang dan landai.
Keindahan Alam Gunung Argopuro
Di sepanjang jalur pendakian, pengunjung akan disuguhkan berbagai pemandangan memukau, mulai dari hutan hujan tropis, savana, danau taman hidup, hingga hutan edelweis. Salah satu ikon khas dari pendakian Gunung Argopuro adalah Danau Taman Hidup, yang menawarkan suasana tenang, sejuk, dan asri, serta air yang jernih yang bisa digunakan untuk keperluan minum.
Puncak-puncak Gunung Argopuro
Pendakian Gunung Argopuro akan membawa para pendaki ke tiga puncak terdekat, yaitu Puncak Arca, Puncak Argapura, dan Puncak Rengganis. Gunung ini juga menyimpan kisah legenda dan misteri, terutama di Puncak Rengganis, yang diyakini sebagai tempat bersemadi Dewi Rengganis, putri dari Kerajaan Majapahit. Di puncak tersebut, terdapat makam dan beberapa bangunan petilasan yang diperkirakan berasal dari abad ke-12 Masehi.
Habitat Satwa Endemik
Gunung Argopuro juga menjadi habitat bagi burung merak (green peafowl), dengan hamparan sabana yang luas dan indah. Pendaki tidak jarang dapat menjumpai burung endemik ini dalam perjalanan pendakian mereka.
Dengan jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa dan pemandangan alam yang menawan, Gunung Argopuro layak menjadi destinasi favorit para pecinta alam. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan Gunung Argopuro ke dalam daftar gunung yang harus didaki. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *