Mengapa Cita Rasa Kopi Bisa Berbeda?

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh masyarakat. Namun, tahukah Anda bahwa cita rasa kopi bisa berbeda? Beberapa faktor mempengaruhi perbedaan rasa pada kopi, seperti daerah tanam, cara mengolah biji kopi, dan roasting.


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Cita Rasa Kopi
Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan cita rasa kopi:
1. Roasting
Proses roasting sangat mempengaruhi rasa kopi. Menurut Herdian Abiyasya, seorang barista di Tsukuma Coffee Bar & Izakaya, semakin lama biji kopi disangrai, warnanya akan semakin gelap dan terasa pahit. Apalagi jika disangrai dengan suhu di atas 90 derajat celsius, rasa kopi akan lebih sulit untuk terasa asam karena biji gelap dan suhu tinggi membuat kopi benar-benar pahit.
2. Daerah Tanam
Daerah penanaman biji kopi di Indonesia juga memiliki pengaruh terhadap cita rasa kopi. Hernando Santoso, Co-founder Tsukuma Coffee Bar & Izakaya, menjelaskan bahwa kopi dari daerah Timur dan Barat Indonesia memiliki rasa yang berbeda.
Kopi dari Timur lebih cenderung memiliki rasa coklat dan nutty, sedangkan kopi dari Barat cenderung lebih fruity, seperti aceh gayo dan kopi kerinci.
3. Historis Tanah Daerah Penanaman
Rasa biji kopi juga bisa dipengaruhi oleh historis tanah daerah tempat penanaman kopi. Indonesia bagian Barat banyak menanam buah-buahan, sehingga cita rasa kopinya cenderung asam seperti fruity. Sementara itu, di Indonesia bagian Timur lebih banyak menanam cengkih dan cokelat, sehingga mineral-mineral yang ada di tanahnya diserap oleh tanaman kopi dan menghasilkan biji kopi dengan rasa yang khas.
Cita rasa kopi bisa berbeda karena beberapa faktor seperti roasting, daerah tanam, dan historis tanah daerah penanaman. Oleh karena itu, mengetahui hal ini akan membantu kita untuk memahami keunikan karakteristik rasa kopi dari berbagai daerah dan meningkatkan pengalaman menikmati kopi bagi para pecinta kopi. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *