Mengajak si Kecil Camping, Emang Nggak Repot?

banner 468x60

BUMIAYU, KANGENTREVELING.COM – Gue ceritakan pengalaman gue saat bawa anak gue buat ikutan acara camping di desa Panenjoan, kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Ini sebenarnya acara gue sendiri yaitu open trip tahun baru 2017 lalu.
Waktu itu gue masih sering bikin open trip ke beberapa tempat wisata. Nah karena waktunya malam tahun gue pengin sesuatu yang berbeda akhirnya gue bikin malam tahun baru tapi sambil nge camp. 
Mangsa pasarnya juga bukan buat mereka yang sudah sering ikut kegiatan outdoor, tapi lebih ke keluarga yang biasa menghabiskan malam tahun baruan dikota, dengan hingar bingar hiburan, petasan, dan kerumunan banyak orang.

Ini emang gila sih. Ternyata banyak juga orang yang tertarik dengan acara gue tersebut. Banyak orang yang ikutan dan bawa keluarga mereka untuk acara di hutan. Iya malam tahun baruan merayakannya di hutan, bukan di hotel mewah, alun-alun, atau jalan-jalan ke objek wisata terkenal.

Nah karena banyak orang akhirnya gue juga mau membawa anak gue yang gede Adipati. Waktu itu dia umurnya sekitar 4 tahun. Bagaimana sih rasanya sebagai seorang bapak rumah tangga mengurus anak 4 tahun dibawa ke acara camping seperti itu.

Sebenarnya yang bawa anaknya umur dibawah 4 tahun juga banyak. Bahkan ada yang bawa anaknya sampai ke puncak gunung. Pasti mereka ini orang-orang yang ingin mengenalkan anaknya sejak dini ke alam bebas.

Mungkin banyak orang yang berpikiran bakalan repot bawanya, tapi tidak menurut gue bawa anak seumuran itu. Karena secara nalar mereka juga sudah mengerti, sudah bisa diajak berinteraksi dengan baik.

Misal kalau pengin buar air anak gue sudah bisa bilang, kalau lapar atau minum susu juga anak gue sudah bisa bilang ke gwe kalau dia pengin sesuatu. Makanya enak aja dibawanya.

Apakah anak gue betah? Nah banyak juga yang menakan soal itu. Karena pastinya hawa dingin cuaca yang kurang mendukung pasti akan mengganggu kesehatan si kecil. Tapi selama camping aku lihat anak aku malah senang-senang aja karena bisa main ke sana kemari di alam bebas. Mainan tanah, mainan air dan lain sebagainya.

Setelah acara malam tahun baruan kita camping, paginya kita ke Ranto Canyon. Di mana kita diajak buat bermain air di sungai. Ranto Canyon pernah dijadikan objek wisata alam dengan mengandalkan kegiatan body rafting. Sempat viral dan banyak sekali pengunjung karena sesuatu hal yang berbeda dengan pemandangan alam salem yang luar biasa eksotisnya.

Nah disitu malah anak gue malah tambah seneng aja mainan air sampai tidak mau berhenti. Maklum biasanya di Bekasi panas, gersang, dan air sungainya kotor nah itu semuanya bersih dan sangat menyenangkan untuk mainan.

Saran aja kalau mau bawa si kecil ke acara seperti yang gue ceritakan tadi. Bawa baju yang hangat biar badan si kecil tidak kedinginan. Kalau bisa bawa selimut tebal untuk tidur malam harinya. Bawa makanan atau mainan yang dia sukai biar tidak rewel atau ajak dia bermain sesuai dengan yang ia sukai. Jangan dipaksa kalau anak tidak mau karena itu akan membuat kita kerepotan sendiri.

Selain itu bawalah obat-obatan untuk menjaga pada saat anak anda tiba-tiba sakit atau meriang. Bila sudah tidak memungkinkan segera bawa anak anda ke klinik atau rumah sakit terdekat agar cepat mendapatkan pertolongan. 

Demikian sedikit cerita dari gue pengalaman membawa anak melakukan kegiatan di alam terbuka, semoga bermanfaat buat kalian semua.(/ridlo)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *