Menelusuri Sejarah Masjid Pangeran Purbaya Kalisoka di Tegal

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Masjid Kasepuhan Pangeran Purbaya Kalisoka, sebuah bangunan bersejarah yang terletak di Tegal, Jawa Tengah, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam sejarah penyebaran agama Islam di wilayah tersebut. Memiliki sejarah yang kaya dan berwarna, masjid ini kini menjadi titik wisata religi bagi banyak pengunjung.

Sejarah Masjid Pangeran Purbaya Kalisoka
Diketahui bahwa masjid ini mulai dirintis pada tahun 1601 M oleh Pangeran Purbaya yang berhasil merobohkan pohon jati di desa Jatimulya dan menikahi putri Ki Gede Sebayu, Raden Ayu Giyanti Subhaleksana. Pada masa itu, Desa Kalisoka di bawah kepemimpinan Pangeran Purbaya dan Ki Gede Hanggawana menjadi pusat agama Islam dan pemerintahan.

Keunikan arsitektur masjid
Arsitektur masjid ini menarik dan unik, dengan menara berbentuk segi enam yang mirip dengan bangunan luar negeri, seperti pagoda. Masjid ini juga memiliki keunikan lainnya, yakni lokasinya yang berada di dekat sungai atau sumber air, mengingat sungai Kali Soka mengalir tepat di sebelah timur masjid.
Cerita dibalik masjid
Masjid Kasepuhan Pangeran Purbaya menjadi saksi bisu keagungan zaman dahulu, dengan makam Pangeran Purbaya dan Ki Gede Hanggawana yang berdiri di sana. Selain itu, beberapa makam tokoh terkemuka dari Tegal juga berada di lokasi yang sama, menambah nuansa kekhidmatan dan penghormatan pada tempat ini.
Dengan sejarah dan keunikan arsitekturnya, Masjid Pangeran Purbaya Kalisoka tidak hanya menjadi simbol religi dan sejarah, tetapi juga menjadi titik wisata yang menarik bagi banyak orang yang berminat dalam sejarah dan budaya Indonesia. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *