Menara Doyong Waduk Penjalin Sama Persis Dengan Waduk Jatibarang Semarang

banner 468x60

PAGUYANGAN, KANGENTRAVELING.COM – Waduk Penjalin adalah sebuah bendungan yang dibangun pada tahun 1930-1934 pada masa permerintahan kolonial Belanda. 

Waduk Penjalin Berlokasi di Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Waduk ini memiliki luas sekitar 1,25 km² dengan volume air dalam kondisi normal 9,5 juta m³. 

Pembuatan waduk ini bersamaan dengan pembangunan waduk Malahayu. Tujuannya adalah untuk mengaliri persawahan yang berada di wilayah Kabupaten Brebes.

Karena usianya hampir setengah abad, pada tahun 2019 waduk penjalin dilakukan revitalisasi pada bagian tubuh bendungan, perbaikan retak mercu pelimpah, perbaikan menara, dan pengerukan sedimen waduk.

Selain itu waduk penjalin juga dibuat bangunan baru yaitu menara pandang atau sekarang banyak orang menyebutnya menara doyong (miring) yang berada di sisi sebelah selatan.

Sekilas jika dilihat menara doyong tersebut mirip dengan menara yamg berada di waduk Jatibarang Semarang. 

(Foto: Instagram/Iwan_Fee)

Menara doyong ini menggantikan taman jamur yang dibangun oleh Pokdarwis Desa Wisata Waduk Penjalin.

Dengan adanya menara ini menjadikan daya tarik tersendiri warga sekitar untuk berwisata. Kegiatan joging, memancing, menjaring ikan, dan aktifitas warga lainnya selelu terlihat ramai setiap hari.

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *