Melihat Thomas and Friends Pada Kehidupan Nyata, Lokasinya Berada di Pabrik Gula Jatibarang

banner 468x60

BREBES, KANGENTRAVELING.COM – Thomas and Friends adalah sebuah serial kartun yang banyak digemari oleh anak-anak. Bercerita tentang sebuah kereta bernama Thomas bersama teman-temannya yang melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari mulai dari Remise Locomotive atau garasi para lokomotif, perjalanan dijalur kereta, hingga stasiun dengan kepala stasiun gendutnya.

Ternyata di Kabupaten Brebes tepatnya di Kecamatan Jatibarang terdapat sebuah Remise yang bentuknya mirip sekali dengan cerita Thomas and Friends. Garasi Lokomotif tersebut adalah peninggalan zaman Belanda, lokasinya berada di Pabrik Gula Jatibarang. 

Didirikan pada tahun 1842 oleh perusahaan swasta asal Belanda MV Mij tot Exploitatie der Suiker Onderneming pabrik gula ini salah satu yang terbesar di Pulau Jawa. Pabrik ini berperan sangat penting dalam penggilingan tebu dari perkebunan perkebunan di wilayah Brebes dan Tegal.

Saat ini Pabrik Gula Jatibarang dikelola oleh PTPN IX (Persero)  beroperasi pada saat musim panen tebu saja. Mesin-mesin yang berada disana juga terlihat sudah menua. Pada hari biasa PG Jatibarang lebih banyak digunakan sebagai tempat wisata. Sobat traveler bisa melihat bagaimana sejarah PG Jatibarang dengan tiket masuk cukup murah yaitu 5.000 rupiah saja.

Kemegahan Remise yang berada di PG Jatibarang masih terlihat. Beberapa lokomotif tua juga terlihat diparkir disana. Hal tersebut menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung. Banyak dari mereka berfikiran bahwa berada disini seperti sedang dalam cerita kartun Thomas and Friends tapi ini versi dunia nyata. 

Selain PG Jatibarang terdapat dua pabrik tebu lainnya di Kabupaten Brebes, yaitu PG Banjaratma dan PG Kersana. Namun kedua sudah tidak beroperasi karena kendala dengan perawatan dan efisiensi mesin yang sudah terlalu tua. Selain itu semakin sedikitnya ladang tebu juga menjadi faktor utama yang mempengaruhi di tutupnya pabrik-pabrik tebu tersebut.

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *