Megahnya Jembatan Ir. Soekarno di Kota Manado, Sulawesi Utara

banner 468x60

MANADO, KANGENTRAVELING.COMJika kalian sedang berlibur ke Kota Manado tak salah jika mampir sebentar ke Jembatan Soekarno yang berada di jalan Boulevard II Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Jembatan ini merupakan salah satu ikon Kota Manado yang memiliki pemandangan yang cukup indah.

Kita bisa melihat Sunset pada sore hari dan pulau Manado Tua dengan gunung yang menjulang ditengah-tengah teluk Manado. Selain itu kita juga bisa melihat Tugu Lilin, Pelabuhan Manado, pemukiman dengan atap warna-warni, dan pemadangan Kota Manado dari atas jembatan tersebut.

Proyek Jembatan Soekarno ini dimulai sejak tahun 2003 di masa Pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri namun pembangunannya sempat mangkrak selama 12 tahun. Penyebabnya adalah karena struktur tanah yang unik maka perlu penangan khusus dalam pembangunan jembatan tersebut. Selain itu pendanaan juga termasuk salah satu faktor utama.

Foto: instagram/kbs_tumbelaka

Jembatan Soekarno pada awal pembangunannya bernama Nyiur Melambai namun Wali Kota Wempie Frederik kala itu memiliki ide untuk merubahnya menjadi Jembatan Soekarno dengan alasan agar bisa disandingkan dengan jembatan Megawati yang berada di pusat Kota Manado. Selain itu juga untuk mengambil hati Presiden Megawati yang kala itu sedang menjabat sebagai Presiden.

Jembatan ini memiliki panjang 1.127 meter dan lebar 17 meter. Dana yang dihabiskan untuk pembangunan jembatan mencapai Rp. 300 miliar lebih. Proyek ini didanai oleh Anggaran Pendapatan Negara (APBN). Akhirnya pada hari Kamis (28/5/2015) diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani yang tak lain adalah cucu Ir. Soekarno, selain itu beliau juga ditemani oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono.

(Foto: instagram/jelitasyella)

Biasanya pada saat malam hari di Jembatan Soekarno banyak kaula yang menghabiskan malamnya disini untuk sekedar nongkrong, berswafoto, menikmati semilir angin malam laut Manado dengan ditemani gemerlap cahaya lampu yang berubah-ubah warnanya dari jembatan tersebut. (/Ridlo)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *