Media Asing Bahas Tarif Rp150 Ribu untuk Turis Asing yang Liburan ke Bali

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Sejumlah media asing baru-baru ini membahas rencana penerapan tarif masuk sebesar Rp150 ribu untuk turis asing yang berlibur ke Bali. Tarif pajak ini direncanakan untuk diberlakukan mulai tahun 2024 dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan sekaligus meningkatkan kualitas wisatawan di Bali.

Media Inggris, Daily Mail, menyebutkan pernyataan Gubernur Bali Wayan Koster yang mengatakan bahwa tarif tersebut ditetapkan sebesar Rp150.000 untuk sekali kunjungan ke Bali.
Tarif ini harus dibayar secara elektronik saat tiba di titik masuk luar negeri yang ditentukan seperti pelabuhan udara dan laut mulai tahun 2024.
Berdasarkan data yang ada pada tahun 2022, lebih dari dua juta turis asing mengunjungi Bali. Dengan penerapan tarif ini, ada potensi pendapatan baru setidaknya Rp300 miliar per tahun.
Jumlah ini diperkirakan tidak akan menurun mengingat pariwisata mulai pulih pasca pandemi.
Gubernur Bali mengatakan bahwa uang hasil dari tarif ini akan digunakan untuk lingkungan, budaya, dan membangun infrastruktur yang berkualitas lebih baik sehingga perjalanan ke Bali akan lebih nyaman dan aman.
Penetapan tarif ini juga disebut karena banyaknya kasus turis asing yang bikin heboh dan membuang sampah sembarangan.
Ketua Badan Pariwisata Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana, menyatakan bahwa penghasilan dari pajak pariwisata akan membantu mendanai berbagai tindakan dan mencegah Bali dikenal hanya sebagai destinasi murah.
Selain itu, melalui penerapan tarif ini, diharapkan wisatawan asing yang berkunjung ke Bali akan lebih menghormati budaya lokal dan lingkungan.
Negara seperti Bhutan, yang membatasi jumlah turis yang masuk dan menerapkan tarif tinggi, dijadikan sebagai contoh penerapan yang diinginkan. Dengan demikian, diharapkan Bali dapat mempertahankan keaslian budaya dan kelestariannya. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *