Makam Sunan Bayat: Destinasi Wisata Religi yang Penuh dengan Hal Mistis

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Makam Sunan Bayat, terletak kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kabupaten Klaten, merupakan sebuah destinasi wisata religi yang melimpah dengan unsur-unsur mistis. Kompleks pemakaman ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Sunan Bayat beserta keluarga dan kerabatnya.

Sunan Bayat, juga dikenal sebagai Sunan Tembayat atau Ki Ageng Pandanaran, merupakan bupati Semarang pertama dan murid Sunan Kalijaga. Dia merupakan salah satu tokoh penyebaran Islam di tanah Jawa. Kompleks Makam Sunan Bayat berstatus sebagai cagar budaya nasional sejak tahun 2010, berdasarkan SK Menteri Nomor PM.57/PW.007/MKP/2010.
Kompleks Makam Sunan Bayat adalah lebih dari sekedar tempat peristirahatan terakhir; pesantren serta peziarah dari berbagai daerah sering mengunjungi situs ini untuk berdoa, berziarah, dan bahkan mencari berkah. Bagi pengunjung, aturan pemakaian pakaian bebas sopan berlaku, dan perempuan hanya boleh masuk hingga di depan Pendopo Prabayeksa.
Pak Nugroho, salah satu pengelola kompleks ini, mengungkapkan, “Banyak orang datang kesini bermacam-macam tujuannya. Ada yang beribadah, ziarah, ataupun ‘mencari’ berkah di waktu-waktu tertentu.”
Tetapi, bukan hanya spiritualitas yang menarik pengunjung. Banyak orang datang ke Makam Sunan Bayat mencari kekuatan dan melakukan pesugihan. Namun, tidak semua tujuan ini disambut baik. Pengelola sering kali perlu mengingatkan pengunjung untuk tidak melakukan hal-hal seperti itu, mengingat beberapa kejadian tidak menyenangkan yang terjadi kepada mereka yang memiliki niat buruk.
Sebelum memasuki makam utama Sunan Bayat atau Gedong Inten, wisatawan akan melalui plang besar bertuliskan Kompleks Makam Sunan Pandanaran dan menaiki sekitar 200 anak tangga. Namun, jangan mencoba menghitung jumlah anak tangga tersebut. Menurut mitos, jika seseorang mencoba untuk menghitungnya, hasil hitungan akan selalu berbeda.
Di atas tangga terakhir, pengunjung diwajibkan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki kawasan makam. Di sini, tumpukan sepatu dijaga di sebuah rak, sementara wisatawan dapat memasuki Masjid Sunan Bayat yang berarsitektur rumah Joglo.
Kompleks Makam Sunan Bayat mungkin dipenuhi dengan energi mistis, tetapi inilah yang membuat tempat ini sangat menarik. Bagi mereka yang mencari pengalaman wisata religi yang unik, Makam Sunan Bayat adalah tujuan yang patut dipertimbangkan. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *