Lawang Sewu, Rekomendasi Wisata Jika Berkunjung ke Semarang

banner 468x60

SEMARANG, KANGENTRAVELING.COM – Tidak lengkap rasanya berkunjung dan berwisata ria ke Semarang tanpa melangkahkan kaki serta membawa raga kalian ke sebuah situs saksi peradaban perjuangan kemerdekaan Indonesia yakni Lawang Sewu. 

Lawang sewu (Pintu Seribu) adalah warisan bersejarah peninggalan masa penjajahan Hindia Belanda. Awalnya, gedung ini dibuat sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta yang saat itu bernama Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) hingga dialihfungsikan oleh pemerintah Jepang sebagai pusat Riyuku Sokyuku sampai pada tanggal 05 Juli 2011 diresmikanlah sebagai purna pugar cagar budaya gedung Lawang sewu.

Sebagai cagar budaya ikon Kota Semarang keunikan bangunannya amat sangat menakjubkan bagi para pendatang. Berdiri diatas tanah seluas 14.216 m² Lawang sewu memiliki 4 gedung berbeda dengan nama gedung A, B, C, dan D yang difungsikan berbeda. Yang membuat para pengunjung semakin terpesona adalah arsitektur bangunannya yang masih menggambarkan kolonialisme dan banyaknya pintu sampai-sampai pengunjung dibuat bingung ada berapa banyakkah pintu pada bangunannya. Nah dari hal tersebut jugalah yang membuat bangunan ini disebut Lawang Sewu atau pintu seribu meskipun sejatinya jumlah pintunya adalah 429.

Lawang sewu beralamatkan di Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132.

Untuk para pengunjung yang ingin masuk dipatok harga tiket sebesar Rp. 10.000,00.Wahh harga yang sangat murah untuk bangunan yang megah.

Lawang sewu dikenal angker karena setiap pengunjung yang masuk akan merasakan hawa dingin tidak biasa dan membuat bulu kuduk merinding padahal hal ini adalah salah satu dari keunikan cagar budaya Lawang sewu dimana bangunan dibuat sesuai dengan kondisi negara Indonesia yang beriklim tropis.Sehingga Lawang sewu memiliki ruang bawah tanah yang digenangi air agar lantai dan udara di atasnya terasa lebih dingin dibanding udara di sekitar. 

Desain ala Eropa masih melekat erat disetiap sudut bangunan. Cocok banget buat para kaum-kaum yang bingung nyari spot foto super instagramable tapi murmer alias murah meriah dengan latar belakang bangunan era kolonial dong guys. Selain menjadi spot foto, kalian bisa belajar tentang sejarah perkreta apian disini. 

Untuk membuat pengunjung lebih nyaman, Lawang Sewu menawarkan fasilitas yang lengkap yakni :

-Mushola
-Toilet
-Smoking Area
-Ruang PPPK
-Museum
-Ruang Audio Visual
-Kantor Pengelola
-Monumen
-Loko Uap
-Ruang menyusui
-Replika Djokoto. 

Wisata sejarah ini dibuka dari hari senin-minggu mulai pukul 07.00 WIB-21.00 WIB.So, buruan pergi ke Lawang sewu traveller.

Sobat wisata yang lagi nyari oleh oleh khas Bumiayu kamu wajib beli nih Kaos nya Bumiayu Ngangeni. Bakalan ada desain yang baru loh sob. cek aja instagram Bumiayu Ngangeni disini

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *