Kuliner Bipang Ambawang Khas Kalimantan yang Populer dan Viral

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Kuliner Bipang Ambawang kini viral di media sosial setelah Presiden Jokowi merekomendasikan makanan tersebut dan menyebutnya dalam pidato. Pidato tersebut diunggah dalam Channel YouTube Kementerian Perdagangan RI 5 Mei 2021 lalu. 

Akhirnya makanan tersebut menjadi trending topik di media sosial Twitter dengan cuitan hingga 23,4 ribu. Presiden Jokowi mengatakan bahwa siapa saja yang rindu kuliner khas daerah atau biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa melakukan pemesanan secara online makanan tersebut.   
Secara keseluruhan, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk lokal. 

Mengenal Kuliner Bipang Ambawang yang Populer

Bagi anda sobat kangentraveling yang masih penasaran apa itu Bipang Ambawang, makanan ini merupakan makanan khas Kalimantan yang berupa babi panggang. 
Cara pengolahan kulinernya juga tidak bisa sembarangan. Kuliner tersebut dibuat khusus dengan babi kampung yang masih berusia 3 hingga 5 bulan. Cara pengolahannya dengan dipanggang. Satu ekor babi muda tersebut memiliki bobot kisaran 10 hingga 20 kg. 
Pengolahan tersebut adalah dipanggang dengan menggunakan bara api dari arang. Hasil dari pemanggangan tersebut, daging babi menjadi garing, berlemak, dan lembut pada tekstur dagingnya. 
Terkait dengan bumbu yang dipakai juga khas dan spesial sebab diracik khusus dalam Bipang Ambawang. Bumbu tersebut berbeda dan tidak ada pada daerah lainnya. Umumnya disajikan bersama dengan menu sambal antuha yakni terbuat dari cabe dan terasi.
Sambal lainnya adalah cocolan kit iu yang rasanya seperti saus asam manis. Bagi anda yang sedang berkunjung ke Kalimantan, rasanya ada yang kurang jika tidak mampir mencicipi makanan khas tersebut. 
Kuliner lokal tersebut salah satu yang khas dari Pontianak, Kalimantan Barat, tepatnya Ambawang. Dalam satu sajian memiliki porsi yang cukup banyak. Oleh karena itu, sangat cocok dinikmati bersama keluarga. 
Bagi anda yang menginginkan makanan khas tersebut, anda bisa mendapatkannya seberat 1 kg lengkap dengan bumbu dalam kisaran harga Rp. 475.000 hingga Rp. 500.000. Bagi anda yang penasaran, anda dapat menikmati kuliner Bipang Ambawang melalui online.(/Bayraharjo)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *