Kluban Anglur Menu Khas Pantura Brebesan yang Banyak Diminati Wisatawan Destinasi Hutan Mangrove

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Obyek wisata hutan mangrove di Kabupaten Brebes selain menyuguhkan pemandangan indah di pantai utara pulau jawa ini juga menyuguhkan berbagai macam kuliner laut.

Ada satu menu unggulan yaitu kluban atau urab anglur yang nikmat bila disantap bareng makanan laut seperti ikan dan udang bakar. 
Wisata hutan mangrove Dukuh Pandansari Desa Kaliwlingi Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes yang sudah kesohor keindahannya ternyata menyimpan barbagai kuliner yang menarik dan nikmat untuk disantap.
Setelah wisatawan lelah berjalan menyusuri track yang panjang di tengah hutan mangrove yang rindang dan terpaan angin laut yang semilir sehingga membuat capek dan merasa lapar, setelah itu wisatawan akan memasuki rumah makan yang berada di lingkungan obyek wisata ini untuk mengganjal perut yang sudah keroncongan.
Salah satu menu andalan di kawasan ini adalah kluban atau urab anglur. Kluban anglur begitu orang Dukuh Pandansari menyebutkan masakan khasnya. Selain gurih bumbu yang disajikan di anglur begitu mengena lidah. Wajar saja banyak penikmat kuliner akan tergoda pada rasa masakan olahan seperti urab ini.
Anglur ini tumbuh di pinggiran tambak dan sengaja dibudidayakan oleh warga dusun ini. Sehingga para pembudidaya anglur bisa kirim tanaman mentahnya kepada warung makan yang ada di sekitar obyek wisata Mangrovesari Pandansari.
Pengelola rumah makan Sriti Sari Yanti mengatakan bahwa ada yang mengirim tanaman anglur mentah ke warungnya, lalu membayar sesuai harga kesepakatan. “Anglurnya dapat dari kiriman warga yang membudidaya” jelas Bu Yanti kepada tim kulinerbrebes.com
Anglur ini lalu dicuci dan dimasak urab sangat enak bila di santap bebarengan dengan makanan laut seperti olahan ikan, udang, kepiting maupun rajungan. 
Apalagi disantap pada siang hari setelah berjalan jalan menyusuri hutan mangrove.
Harga untuk satu porsi urab anglur ibu Yanti mematok harga sebesar 10 ribu rupiah. Satu porsi bisa dinikmati hingga tiga atau empat orang  tergantung selera.
Salah satu wisatawan lokal dari kelurahan limbangan wetan  Bejo mengatakan dirinya baru sekali ini merasakan urab anglur. “Ternyata kluban Anglur rasanya enak, seperti selada” jelas Bejo.
Padahal sebelumnya Bejo dan keluarganya sudah beberapa kali berkunjung di wisata hutan mangrove Pandansari ini, begitu menyantap olahan tanaman tambak ini rasanya sangat sedap dan bisa menambah selera makannya.
Sesuai kesepakatan dengan pengelola wisata hutan mangrove para pemilik rumah makan di wilayah wisata ini tidak akan menaikkan harga menu walaupun kondisinya sangat ramai.
Sehingga tidak ada konsumen yang dikecewakan dan mereka akan kembali untuk menikmati kuliner di wisata hutan mangrove Pandansari.
Artikel: Agus
Editor: @kulinerbrebes
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *