Kisah Mistis Gunung Jaha: Macan Hitam Penjaga Hutan

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Gunung Jaha, terletak di Kabupaten Ciamis, sudah lama menyimpan kisah mistis tentang kemunculan harimau hitam atau biasa dikenal sebagai “maung hideung”. Kisah ini telah menjadi legenda turun-temurun di kalangan masyarakat setempat.

Meski beberapa masyarakat percaya bahwa maung hideung itu memang ada, namun ada juga sekelompok masyarakat yang menganggapnya sebagai mitos belaka. Sehingga, hal ini menciptakan berbagai perspektif tentang kisah ini.
Menurut seorang tokoh setempat, Didin Muslihudin, konon maung hideung ini digunakan oleh orang tua terdahulu sebagai penjaga hutan dan lahan di Gunung Jaha. 
Warga setempat percaya bahwa siapa saja yang mengambil ranting atau kayu bakar tanpa izin, akan didatangi oleh sosok gaib ini. Maung hideung konon akan menuntut ranting atau kayu bakar tersebut dikembalikan.
Gunung Jaha yang dipenuhi dengan pohon-pohon yang rimbun dan usianya mencapai ratusan tahun, telah ditetapkan sebagai Hutan Kota. Walaupun ada pembangunan akses jalan menuju pemakaman, tetapi kondisi hutan masih sangat terjaga dengan baik.
Cerita tentang makhluk maung hideung ini tidak hanya beredar di sekitar hutan saja, melainkan juga sampai ke Sungai Citanduy di Linggasari. Didin mengungkapkan bahwa setiap ada orang yang akan memancing atau menjalankan aktifitas di Sungai Citanduy, maka makhluk gaib tersebut akan mengikutinya.
“Nah, jika ingin mendapatkan ikan banyak, ikan yang pertama ditangkap harus diberikan kepada sosok gaib itu dengan cara dilemparkan saja ke pinggir sungai,” ungkap Didin.
Meski kisah ini dapat terdengar menyeramkan, namun ada nilai positif yang bisa diambil dari sini. Seperti misalnya, adanya tradisi meminta izin sebelum mengambil sesuatu, yang pada hakekatnya adalah mengajarkan tentang pentingnya menghargai hak orang lain. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *