Keindahan dan Kisah Pantai Raja Kecik Bengkalis

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Pantai Raja Kecik di Kabupaten Bengkalis, sebuah permata tersembunyi yang banyak menyimpan sejarah menarik dan panorama alami yang memukau. Pantai ini berada di Kecamatan Bantan, Desa Muntai Barat, terletak di utara Pulau Bengkalis dan dapat ditempuh melalui darat sekitar satu jam perjalanan dari kota Bengkalis.

Walau baru dijadikan tempat wisata sekitar dua tahun yang lalu, Pantai Raja Kecik sudah lama menjadi bagian dari kehidupan warga Muntai Barat. Dengan pantai yang menghadap langsung ke negara tetangga dan ditumbuhi mangrove, pantai ini adalah salah satu destinasi wisata alam yang seakan membawa pengunjung merasakan keindahan alam negara tetangga.
Pemecah gelombang sepanjang 400 meter dibangun tahun 2016 untuk melawan abrasi berkelanjutan yang menggerogoti bibir pantai ini. Bahkan, sampai saat ini sudah sepanjang enam kilometer bibir pantai Desa Muntai yang tergerus air laut.
Kawasan ini mempunyai sejarah besar yang berkaitan dengan asal mula Kerajaan Siak. Sang Pendiri Kerajaan Siak, Raja Kecik, dikisahkan pernah menyusun pasukan di pesisir pantai ini untuk menyerang Kerajaan Johor, Malaysia. Karena kisah ini, pantai ini dinamakan Pantai Raja Kecik.
Pantai Raja Kecik juga menawarkan satu pemandangan menakjubkan lainnya, Jembatan Raja Kecik. Dibangun hampir satu kilometer menuju laut, jembatan ini mengarah ke batu pemecah gelombang. Di ujung sana, pengunjung dapat melihat Gunung Ledang, Malaysia jika cuaca cerah.
Pantai Raja Kecik bukan hanya menawarkan keindahan alam semata, tetapi juga menjadi bukti usaha warga setempat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan mereka. Dengan wisata ini, diharapkan dapat membantu pengelolaan dan memajukan perekonomian warga sekitar serta mengedukasi wisatawan tentang kelestarian alam. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *