Kedai Kopi Menjamur Dimana-mana, Kopi Asli Brebes Selatan Mulai Banyak Penikmat

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM – Dunia perkopian di Brebes kini berkembang pesat. Banyak kedai-kedai kopi baru bermunculan dimana-mana.
Salah satu penghasil kopi terbaik ada di beberapa kecamatan di wilayah Selatan kabupaten Brebes seperti di Paguyangan , Sirampog dan Salem.
Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kabupaten Brebes Yuli Hendrawati saat ini di Brebes sudah ada sekitar 1.200 Hektar tanaman kopi yang tersebar di empat kecamatan yaitu di Kecamatan Salem dengan kopi Capar, Kecamatan Sirampog dengan Kopi Dawuhan dan di Kecamatan Paguyangan dengan Kopi Cilibur dan Pandansari.
“Kita ada sekitar 1.200 hektar di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Salem, Bantarkawung, Sirampog, Paguyangan dan mulai berkembang ke Kecamatan Banjarharjo dan Tonjong” terang Yuli saat ditemui di King Kafe.
Potensi tanaman kopi di Brebes cukup besar karena memiliki dataran tinggi diatas 800 meter, dataran tinggi itu cocok untuk membudidayakan kopi.
“Ada dua jenis kopi yang di Budidayakan di Brebes yaitu Arabica dan Robusta. Karena kita punya wilayah di dataran tinggi dengan ketinggian 800 MPDL” tukas Yuli.
Dalam setahun petani kopi di enam kecamatan itu mampu memproduksi ratusan ton kopi dengan kualitas bagus. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *