Kawah Sileri Dieng Mengalami Erupsi

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Kawah Sileri di kawasan dataran tinggi Dieng mengalami erupsi Kamis, (29/4/2021) sore kemarin pada pukul 18.25 wib. Hal tersebut mengakibatkan lahan pertanian warga mengalami kerusakan.

Menurut pengamatan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Update aktivitas vulkanik G. Dieng (Kawah Sileri) hari ini, setelah terjadi letusan freatik pada tanggal 29 April pukul 18.25 wib, sebagai berikut:
1. Pemeriksaan Kawah Sileri pada pukul 08.03 WIB, menunjukkan jejak sebaran material lumpur ke arah selatan dan timur, dengan jarak 200-400 m dari tepi kawah.
2.Teramati hembusan gas berwarna putih tipis dengan tinggi kl. 50 m dari permukaan kawah.
3. Hasil pengukuran konsentrasi gas menunjukkan nilai gas SO2: 2,8 ppm, H2S 1,8 ppm, dan CO2: 0 % vol. Pengukuran suhu pada titik erupsi menunjukkan nilai 65-89 °C, sedangkan pada titik acuan pemantauan harian menunjukkan 51,2 °C.
4. Hingga saat ini tdk terdeteksi adanya peningkatan konsentrasi gas dan suhu. Nilai konsentrasi gas dan suhu masih pada nilai rata-rata kondisi normal sebelum erupsi.
5. Hasil pemantauan visual dan instrumental hingga saat ini tidak terdeteksi adanya gejala peningkatan aktivitas yang menuju erupsi susulan.
6. Koordinasi dengan Pemda dan BPBD, serta pemantauan intensif tetap dilakukan oleh PVMBG – Pos PGA Dieng, untuk diseminasi informasi serta antisipasi peningkatan aktivitas vulkanik.
7. Tingkat aktivitas G. Dieng adalah Level I (Normal) dengan rekomendasi agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 500 m dari Kawah Sileri, dan agar tidak beraktivitas di sekitar Kawah Timbang untuk menghindari ancaman gas-gas vulkanik konsentrasi tinggi yg membahayakan jiwa.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, KESDM
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *