Kawah Sikidang Dieng: Pesona Wisata Alam dan Budaya di Dataran Tinggi

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Indonesia memiliki banyak objek wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Kawah Sikidang yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah aktif yang menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Selain Kawah Sikidang, Dieng juga terkenal dengan kompleks Candi Arjuna yang merupakan peninggalan sejarah dan budaya.
Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang Kawah Sikidang, mulai dari sejarah, keunikan, tips berkunjung, hingga informasi terkait HTM (Harga Tiket Masuk) dan fasilitas yang ada di kawasan wisata tersebut. Selain itu, kita akan membahas pula tentang Candi Arjuna, salah satu destinasi wisata budaya yang tak kalah menarik di Dieng.
Sejarah dan Keunikan Kawah Sikidang
Kawah Sikidang pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah Belanda bernama Van Der Hoeven pada tahun 1837. Nama “Sikidang” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “kijang” atau rusa kecil. Konon, nama ini diambil karena kawah ini memiliki keunikan berpindah-pindah seperti seekor kijang yang lincah.
Keunikan lain dari Kawah Sikidang adalah aktivitas vulkaniknya yang terus berlangsung hingga saat ini. Kawah ini mengeluarkan uap panas dan gas belerang yang menciptakan pemandangan eksotis dan mistis. Selain itu, kawah ini juga memiliki beberapa mata air panas yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.
Tips Berkunjung ke Kawah Sikidang
Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berkunjung ke Kawah Sikidang:
1. Memakai pakaian hangat. Mengingat kawasan Dieng memiliki suhu udara yang cukup dingin, sebaiknya kamu memakai pakaian hangat seperti jaket, sarung tangan, dan penutup kepala.
2. Menggunakan masker. Karena kawah ini mengeluarkan gas belerang, kamu disarankan untuk menggunakan masker untuk mengurangi risiko iritasi pernapasan.
3. Mengikuti jalur yang sudah ditentukan. Jangan mencoba untuk mendekati kawah terlalu dekat karena sangat berbahaya. Selalu mengikuti jalur yang sudah ditentukan oleh pengelola kawasan wisata.
4. Membawa bekal makanan dan minuman. Meskipun ada beberapa warung makan di kawasan wisata, sebaiknya kamu membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk mengantisipasi jika warung tutup atau kehabisan stok.
HTM dan Fasilitas Kawah Sikidang
Untuk bisa menikmati keindahan Kawah Sikidang, kamu perlu membayar HTM sebesar Rp 20.000,- per orang. Harga ini sudah termasuk tiket masuk ke kawasan wisata dan parkir kendaraan. Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini antara lain:
1.  Area parkir yang luas
2.  Toilet umum
3.  Warung makan
4.  Area bermain anak
5.  Musholla
Candi Arjuna: Destinasi Wisata Budaya di Dieng
Selain Kawah Sikidang, Dieng juga terkenal dengan kompleks Candi Arjuna yang merupakan peninggalan sejarah dan budaya. 
Candi Arjuna merupakan salah satu candi Hindu tertua di Jawa yang dibangun pada abad ke-7 Masehi. Kompleks ini terdiri dari lima candi utama, yaitu Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan Candi Semar.
Candi Arjuna memiliki arsitektur yang khas dengan relief yang menggambarkan cerita Mahabharata. Selain itu, candi ini juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk, sehingga menjadi destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.
HTM untuk masuk ke kompleks Candi Arjuna adalah Rp 20.000,- per orang. Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini antara lain:
1.  Area parkir
2.  Toilet umum
3.  Warung makan
4.  Area bermain anak
5.  Musholla
6.  Area camping
Kawah Sikidang dan Candi Arjuna merupakan destinasi wisata alam dan budaya yang wajib kamu kunjungi saat berada di Dataran Tinggi Dieng. Dengan mempersiapkan diri dan mengikuti tips yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa menikmati keindahan dan keunikan dari kedua objek wisata ini. (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *