Kanamara Matsuri: Festival Alat Kelamin Unik Penuh Makna di Jepang

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Jepang dikenal dengan budaya dan tradisinya yang kuat dan lestari hingga sekarang. Salah satunya adalah Kanamara Matsuri, festival yang cukup unik karena merupakan festival alat kelamin atau yang lebih dikenal dengan festival penis.

Festival ini digelar setiap musim semi, tepatnya pada minggu awal di bulan April di salah satu kuil di Prefektur Kanagawa. Kanamara Matsuri (Festival of the Steel Phallus) adalah tradisi yang sakral maknanya, walaupun tampak nyeleneh bagi sebagian orang.

Asal mula Festival

Keberadaan festival ini berasal dari periode Edo (1603-1868) dan terkait dengan legenda setan yang pernah membalas dendam pada seorang wanita. Dalam legenda tersebut, wanita yang menolak setan tersebut akhirnya harus membayar pandai besi untuk membuat lingga baja sebagai bentuk balasan dendam. Lingga tersebut hingga sekarang menjadi simbol dan ikon festival.

Festival diadakan sebagai bentuk untuk memperingati atas penghargaan kesuburan, kelancaran hubungan harmonis rumah tangga hingga kemakmuran. Dalam festival ini, peserta bisa melihat berbagai macam karya seni, bazar makanan hingga kostum dengan bentuk penis.

Tujuan Festival

Selain sekadar pesta rakyat, Kanamara Matsuri juga memiliki makna yang lebih dalam. Masyarakat Jepang merupakan salah negara di Asia dengan tingkat kelahiran yang paling rendah. Dengan melalui festival ini, diharapkan dapat memperingati kesuburan dan mendorong lahirnya generasi baru.

Selain itu, festival ini juga berfungsi untuk mencegah penyakit menular seksual dan mengemas pengumpulan dana penelitian HIV. Dalam setiap penyelenggaraannya, festival ini juga menerima kunjungan orang-orang yang menderita penyakit menular seksual untuk berdoa.

Festival ini digelar secara gratis dan terbuka untuk umum. Setiap tahunnya, laki-laki, perempuan, anak-anak, bahkan turis mancanegara beramai-ramai menghadiri festival ini. Dengan semarak dan penuh warna, festival ini menjadi testament atas keunikan dan keberagaman budaya Jepang.

Meski tampak unik dan nyeleneh, Kanamara Matsuri adalah contoh bagaimana budaya dan tradisi dapat menjadi sarana untuk membahas isu-isu penting seperti kesehatan seksual dan kesuburan. Jadi, jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Jepang pada awal April, jangan lewatkan festival ini sebagai salah satu destinasi wisatamu.

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *