Jika Dikelola Dengan Baik, Pasar Wage Bumiayu Bisa Menjadi Potensi Wisata

banner 468x60


BUMIAYU, KANGENTRAVELING.COM –
Buat kalian warga Kota Bumiayu, Kabupaten Brebes pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya pasar Wage. Sebuah pasar hewan yang buka mengikuti harian Jawa yaitu Wage. Jadi pasar ini buka hanya lima hari sekali menyesuaikan hari pasaran.

Selain hewan ternyata dipasar wage ini banyak sekali barang dagangan lain yang dijual disini. Mulai dari pakaian, tanaman, perabotan, obat tradisional dan berbagai macam dagangan lainnya.

Dari dulu hingga sekarang pasar wage masih banyak sekali orang yang berkunjung. Entah mereka ingin berbelanja atau hanya sekedar melihat-lihat barang dagangan. 

Terbersit dalam benak gwe kenapa pasar Wage ini tidak dikelola saja dengan baik dan dijadikan salah satu destinasi wisata. Karena melihat potensinya yang sangat tinggi bisa saja pasar wage dijadikan wisata pasar. 

Kita bisa mencontoh pasar-pasar diluar negeri seperti Psaleu Market Kamboja, Pasar Or Tor Kor Bangkok Thailand, Kadikoy Market Turki, atau Kowloon Hongkong. Bahkan di Indonesia juga ada pasar yang dikelola menjadi lokasi wisata seperti Pasar Gede Yogyakarta atau Pasar Extreme Tomohon, Sulawesi Utara.

Dengan animo pengunjung yang tak pernah surut kenapa kita tidak memanfaatkannya saja sebagai objek wisata. Itu malah menjadi suatu daya tarik tersendiri untuk kota Bumiayu.

Tapi kembali lagi kepada kebijakan dan pengembangan pemerintah daerah yang bisa menangkap potensi tersebut atau tidak. Kalau semuanya hanya wacana atau gagasan tanpa ada tindak lanjut dan eksekusi dilapangan sampai kapapun ya pasar wage hanyalah pasar hewan selanyaknya pasar hewan-hewan lainnya yang biasa saja. (/rdl)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *