Jembatan Sakalibel Ikon Kota Bumiayu Peninggalan Jaman Belanda

banner 468x60


BUMIAYU, KANGENTRAVELING.COM – 
Berbagai daerah memiliki keelokan yang beragam mulai dari ragamflora dan fauna, makanan khas, sampai-sampai penduduknya juga berperan aktiv sebagai salah satu pendukung keelokan suatu kawasan. 

Apalagi Negara Indonesia lahir sebagai negara yang dipenuhi keberagaman dari ujung barat hingga ujung timur.

Dari keberagaman itulah keunikan-keunikan terlihat dari berbagai sisi yang membedakannya dengan daerah lain.

Berbagai daerah dan wilayah di Indonesia hingga wilayah terplosoknya memiliki keunikan yang kemudian dijadikan ikon wilayah tersebut.

Sebut saja Kota Bumiayu, sebuah kota kecil di kawasan kabupaten yang menduduki peringkat terbesar ke dua setelah Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah.

Meskipun hanya kota kecil ternyata Bumiayu memiliki sebuah peninggalan sejarah kelam Bangsa Indonesia yang kini menjadi ikon Kota Bumiayu yakni Jembatan Sakalibel atau nama populernya adalah Sakalimalas.

Jembatan yang dibangun pada tahun 1917 ini menjadi jembatan kereta terpanjang ke dua di Indonesia yang dibangun saat kependudukan Belanda yang masih menguasai NKRI. Sebagai generasi penwrus bangsa kita wajib bangga dengan ikon daerah ibu kita sendiri.

Penamaan Sakalimalas itu sendiri diambil dari bahasa yakni “Saka” dan “Limalas” dilihat dari segi bentuk bangunannya.

Saka diartikan sebagai tiang sedangkan limalas diambil dari penomoran dalam bahasa Jawa yang artinya lima belas.

Jadi, sakalimalas adalah sebuah jembatan yang melintang di sepanjang aliran sungai Kali Keruh dan ditopang oleh 15 tiang yang kokoh dan kuat.

Melihat kondisi geografis yang masuk dalam kategori dataran rendah namun tidak jauh dari pegununungan, pemandangan sekitar jembatan menjadi semakin indah dengan perpaduan yang lengkap dari gunung, sungai, sawah, hingga bangungan megah kehiruk pikukan Kota Bumiayu terlihat jelas dari jembatan ini.

Oleh karena sebab itu, Jembatan Sakalimalas menjadi salah satu tampat yang photogenic selain menjadi jembatan rel kereta api sebagai fungsi utamanya. (/Erinanda Dewi)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *