Jam Buka Museum Semedo Tegal, Serta Mengenal Benda-benda Purbakala

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Museum Semedo merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang menarik di Jawa Tengah. Terletak di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Tegal, museum yang resmi dibuka pada Oktober 2022 ini menyajikan berbagai temuan fosil dan peninggalan purbakala khususnya di wilayah Tegal dan sekitarnya.

Kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Museum Semedo, jam buka, koleksi yang ada di dalamnya, serta kegiatan yang bisa dilakukan di sana.
Situs Purbakala yang Mengungkap Kehidupan Homo Erectus
Museum Semedo adalah pusat informasi dan ilmu pengetahuan purbakala serta penelitian arkeologi nasional. Penemuan fosil purbakala di situs Semedo awalnya terjadi pada tahun 2011, ketika warga bernama Dakri menemukan fragmen tengkorak Homo Erectus.
Setelah diteliti oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, fragmen tersebut merupakan fosil manusia purba dari awal zaman Kala Pleosten Tengah 700.000 tahun lalu. Hasil penelitian ahli paleontologi, arkeologi, geologi, dan antropologi pun menunjukkan bahwa Situs Purba Semedo memberikan data faktual evolusi manusia, budaya dan lingkungannya.
Dilengkapi dengan 3.100 koleksi benda-benda peninggalan sejarah zaman purba, Museum Semedo menawarkan pengalaman menyelami masa lalu yang sangat berharga.
Beberapa Penemuan di Situs Semedo
Selain fosil manusia purba Homo Erectus, Museum Semedo juga menampilkan temuan peralatan purbakala seperti kapak perimbas, kapak penetak, kapak genggam, serta alat serut berbahan batu koral kersikan.
Tak hanya itu, fosil fauna ordo Proboscidea atau mamalia belalai seperti Stegodon trigonocephalus, Stegodon pygmy semedoensis, Stegodon hypsilopus, Elephas planifrons, dan Elephas hysudricus juga menjadi bagian dari koleksi museum ini.
Fasilitas dan Aktivitas di Museum Semedo
Selain sebagai tempat menyimpan koleksi peninggalan benda purbakala, Museum Semedo juga difungsikan sebagai tempat penelitian serta pusat informasi dan ilmu pengetahuan purbakala. Di sini, kita bisa menemukan berbagai macam informasi mengenai fosil, sejarah, dan paleontologi.
Museum ini juga diharapkan bisa meningkatkan minat generasi muda untuk mempelajari sejarah dan berkontribusi dalam upaya konservasi serta pelestarian kawasan cagar budaya dan sekitarnya.
Jam Buka Museum Semedo
Museum Semedo dapat dikunjungi dari hari Selasa-Minggu. Buka dari jam 08.30 – 15.00, museum ini menawarkan pengalaman menyenangkan dan edukatif bagi kita semua.
Yang menarik dari Museum Semedo, tiket masuknya gratis baik untuk kunjungan umum maupun khusus. Namun, kita wajib melakukan reservasi terlebih dahulu melalui situs yang telah disediakan.
Dengan kapasitas maksimal 30 orang per sesi, pengunjung akan didampingi oleh pemandu yang akan membantu menjelaskan berbagai informasi terkait peninggalan purbakala yang ada di museum ini.
Bagi yang tertarik mengenal lebih dalam mengenai kehidupan purbakala, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Museum Semedo Tegal. Selamat berwisata!
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *