Jadah Tempe Mbah Carik, Burger Khas Yogyakarta

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Pionir kuliner khas Sleman, jadah tempe meninggal dunia. Mbah Carik yang dikenal sebagai salah satu pemilik warung Jadah Tempe terkenal di kawasan Kaliurang meninggal dunia pada Selasa (11/1/2022).

Bagi wisatawan, jadah tempe merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib dimiliki saat berkunjung ke Kabupaten Sleman. Rasa gurih dan manis dari makanan ini berasal dari ketan yang disajikan dengan tempe bacem yang legit.

Jika berencana untuk datang ke Yogyakarta, atau jika orang lokal tetapi belum pernah mencoba sendiri Jadah Tempe Mbah Carik, cobalah sekarang. Biar ga penasaran dengan jajanan favorit Sri Sultan H.B. IX.

Beberapa paket menu pilihan tersedia di warung Mbah Carik, dengan jadah tempe dijual dalam kemasan, beberapa dengan jadah tempe dijual terpisah. Harga jadah tempe untuk Mbah Carik sendiri berkisar antara 12.000 hingga 30.000 ribu. Tidak hanya Jadah Tempe, tetapi juga Bacem Tahu. Selain itu,  menu  bakar jadah, dimana bisa merasakan rasanya apa adanya. Jadah Bakar isi serundeng. Lebih enak lagi jika dimakan selagi hangat dan ditemani teh manis.

Jadah tempe sebenarnya terdiri dari dua makanan yang berbeda: jadah dan tempe. Namun, pada umumnya orang makan jadah tempe seolah-olah seperti burger. Saat kedua dimakan tersebut disantap bersama, rasa  manis dan asinnya akan serasi. Karena cara makannya yang seperti ini, banyak orang menyebutnya sebagai Burger Khas Yogyakarta.

Di masa lalu, ada banyak penyesalan bahwa jadah tempe tidak dapat digunakan sebagai oleh – oleh, karena umur simpannya yang pendek. Namun kini tidak perlu khawatir lagi, inovasi terbaru  Mbah Carik adalah Jadah Tempe Frozen. 

Kamu bisa memilih berbagai macam frozen pack yang kamu suka, seperti jadah, tempe bacem, tahu bacem, wajik dan jadah bakar. pilihannyapun tergantung pada harganya.

Jadah Tempe Mbah Carika memiliki banyak warung untuk dikunjungi. Hal ini memudahkan wisatawan, salah satunya dikawasan wisata Caliurang. Tempatnya di Jalan Astamulya, toko depan Patung Udang, dan di Tlogo Putri.

Kios lainnya terletak di Jalan Palagan Km 16, Pakem, Jalan Munggur, Demangan dan  Jalan Nyi. Pembayun No.5, Prenggan, Kota Gede. Ada juga jadah tempe Mbah Carik yang membuka gerai bersama Ayam Goreng Ninit dan beralamat Jalan Palagan KM 14.5, Balong, Ngaglik, Sleman.(/Bayraharjo)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *