Istana Gyeongbokgung (경복궁): Sebuah Karya Seni Megah dan Bersejarah di Korea Selatan

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Istana Gyeongbokgung adalah salah satu istana paling terkenal dan bersejarah di Korea Selatan. Tempat ini telah menjadi saksi bisu perkembangan sejarah dan kebudayaan negeri ginseng sejak zaman dahulu. Berlokasi di 161, Sajik-ro, Seoul, istana ini menawarkan keindahan arsitektur tradisional yang memukau dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Korea Selatan.

Sejarah singkat Gyeongbokgung
Gyeongbokgung didirikan pada tahun 1395, pada masa pemerintahan Raja Taejo, pendiri Dinasti Joseon. Namun, istana ini hancur akibat perang Imjin melawan Jepang pada tahun 1592.
Setelah ditinggalkan selama lebih dari 250 tahun, istana ini akhirnya dibangun kembali pada tahun 1867 oleh Raja Gojong. Sayangnya, sebagian besar bangunan di istana ini kembali hancur selama penjajahan Jepang pada tahun 1910-1945.
Pada akhir abad ke-20, pemerintah Korea Selatan memulai rekonstruksi besar-besaran untuk mengembalikan kejayaan Istana Gyeongbokgung.
Saat ini, lebih dari 1,5 juta wisatawan mengunjungi istana ini setiap tahunnya untuk menyaksikan langsung sejarah dan keindahan yang ditawarkannya.
Bangunan penting di Istana Gyeongbokgung
Berdasarkan catatan sejarah, terdapat lebih dari 330 bangunan di istana Gyeongbokgung, termasuk paviliun, bangunan pemerintahan, ruang kerja, taman, dan fasilitas lainnya. Berikut ini beberapa bangunan utama yang ada di istana Gyeongbokgung:
  1. Geunjeongjeon: Aula kerajaan utama yang digunakan untuk upacara kenegaraan seperti pelantikan pejabat pemerintahan, penerimaan duta besar asing, dan selebrasi hari ulang tahun raja.
  2. Gyeonghoeru: Paviliun berbentuk terapung yang terletak di tengah kolam dan digunakan sebagai tempat pesta bagi para bangsawan dan pejabat pemerintahan.
  3. Hyangwonjeong: Paviliun kecil yang terhubung dengan jembatan mengapung, yang dulunya digunakan sebagai tempat beristirahat bagi keluarga kerajaan.
  4. Gangnyeongjeon: Rumah tinggal utama raja yang dihancurkan oleh Jepang pada tahun 1911 dan dibangun kembali pada tahun 1994 sebagai bentuk penghormatan kepada sejarah.
Aktivitas menarik di Istana Gyeongbokgung
Selain mengunjungi bangunan bersejarah, wisatawan yang datang ke istana Gyeongbokgung juga dapat menikmati aktivitas menarik seperti:
  1. Menyaksikan upacara pergantian penjaga pintu, yang dilaksanakan setiap hari pada pukul 10.00 dan 14.00, dengan senjata dan kostum tradisional.
  2. Mengenakan hanbok, pakaian tradisional Korea, dan berjalan-jalan di sekitar istana untuk merasakan atmosfir Korea pada masa lalu.
  3. Mengikuti tur berpemandu yang tersedia dalam beberapa bahasa, seperti Bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin, untuk memahami lebih dalam tentang sejarah dan kebudayaan Korea.
Dengan segala keunikannya, tak heran jika Istana Gyeongbokgung menjadi tujuan wisata pilihan bagi banyak wisatawan yang mengunjungi Korea Selatan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi istana megah dan bersejarah ini saat Anda datang ke Seoul! (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *