Gunung Semeru Meletus, 550 Warga Mengungsi

banner 468x60

KANGENTRAVLEING.COM – Muntahan awan panas yang dikeluarkan Gunung Semeru hingga 2.000 meter ke arah Besuk Koboan. dikutip dari tirto.id, melalui Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengatak ada sebanyak 550 warga mengungsi karena setelah gunung api Semeru mengeluarkan awan panas pada selasa (1/12/2020) kata Raditya Jati.

Menurut BPBD Kabupaten Lumajang berdasarkan data yang masuk pada selasa (1/12/2020) pukul 09.00 WIB pengungsi disebar di dua titik, yaitu di pos pantau sebanyak 300 jiwa dan sisanya berada di Desa Supiturang. BPBD Kabupaten Lumajang melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung bergerak dan mencatat sejumlah kebutuhan yang bersifat mendesak, seperti makanan siap saji, dapur umum, dan masker.
Adapun lokasi yang berpotensi terdampak abu vulkanik berada di Desa Supiturang, Desa oro-oro, dan Rowobaung di kecamatan Pronojiwo, serta Desa Sumberwuluh di kecamatan Candipuro. Semua desa tersebut berada di Kabupaten Lumajang.
Penangan darurat yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Lumajang dengan membuka pos pengungsian lapangan di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Selain itu, untuk menghindari abu vulkanik dan penerapan protokol kesehatan, BPBD dengan dinas kesehatan setempat membagikan sejumlah 4.000 masker, lalu dinas sosial mempersiapkan dapur umum. Pihak lainnya, seperti TNI, Polri, dan dinas terkait turut membantu dalam penanganan darurat di lapangan.
Pada 1 Desember 2020 mulai pukul 01.23 WIB, terlihat awan panas guguran dari puncak Semeru dengan jarak luncur 11 Km mengarah ke Besok Kobokan di sektor tenggara dari puncak Semeru. Status aktivitas gunung semeru berapa pada level II atau Waspada.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *