Gong Penanda Dimulainya Erau Adat Benua Tuha Tahun 2023 di Desa Sabintulung

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Sabtu, 15 Juli 2023 menjadi moment berharga bagi masyarakat Desa Sabintulung, Kec Muara Kaman, dengan dibukanya Erau Adat Benua Tuha. Suatu kegiatan adat yang mendapatkan sorotan dan disambut meriah oleh ribuan warganya.

Dengan bangga, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin menabuh gong, menandai dimulainya Erau Adat Benua Tuha.
Ia bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara berkomitmen untuk menjaga pelestarian adat dan budaya orang Kutai. Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura menjamin agar kegiatan ini bisa terlaksana setiap tahun, menjaga kelestarian adat dan budaya etam orang Kutai.
Kegiatan ini mendapat dukungan finansial dari berbagai pihak. Ketua panitia mengungkapkan, sumbangan dari berbagai entitas dan perorangan mencapai total Rp686.800.000,-. Pemberi sumbangan antara lain berasal dari Dinas Pariwisata Kukar, Ekraf Pemda Kukar, Pemerintahan Desa Sabintulung, hingga pihak-pihak yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap keberlanjutan budaya orang Kutai.
Pembukaan ini diwarnai dengan Tari Massal Putra-Putri Benua Tuha yang membawakan tarian bertema Legenda Benua Tuha, sebuah potret keindahan budaya Kutai dan kepedulian masyarakat terhadap peningkatan warisan budaya.
Semoga perayaan-adat ini menjadi tonggak bagi pelestarian tradisi dan budaya. Hari ini kita saksikan bagaimana masyarakat di Desa Sabintulung menjunjung tinggi warisan budaya mereka, dan semoga ini akan terus berlanjut dalam tahun-tahun yang akan datang. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *