Gili Labak, Hidden Gems Madura

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Madura tidak hanya terkenal dengan berbagai jenis wisata religinya, tetapi juga memiliki banyak surga tersembunyi seperti Gili Labak, beberapa pantai yang masih banyak belum diketahui keindahannya.

Terletak di Pulau Madura di Jawa Timur, Gili Labak adalah pulau yang agak kecil yang dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan laut biru. Meskipun terpisah dari pulau utama Madura, Pulau ini adalah tujuan yang bagus bagi para pelancong yang mencari lingkungan yang indah dan tenang untuk melarikan diri dari kompleks metropolis Surabaya.

Gili Labak terletak Kabupaten Sumenep. Gili Labak merupakan surga rahasia tempat sebagian besar wisatawan berkumpul. Keberadaan pulau ini tidak diketahui banyak orang. Tapi pemandangannya indah untuk menenangkan jiwa, dan pantainya masih asli.

Salah satu keunggulan Gili Labak adalah airnya yang biru dan jernih dimana Anda bisa melihat berbagai macam ikan dan karang menari-nari di dalam air. Jadi menyelam dan snorkeling di dekat terumbu karang adalah hal yang menyenangkan. Karena itu memberi Anda kesempatan untuk mengamati beberapa biota laut yang jarang ditemui.

Anda juga bisa berkemah di sepanjang pantai Gili Labak untuk pengalaman yang lebih berkesan. Suasana damai membuatnya ideal untuk perdamaian. Itu sangat menyenangkan, nyaman, dan tempatnya yang bersih dan tenang. Tidak ada yang akan mendekati Anda untuk menjual apa pun kepada Anda, dan Anda dapat yakin bahwa tidak akan terganggu. Sebaiknya bawa kamera karena panorama di sekitarnya sayang untuk tidak diabadikan.

Pulau kecil ini hanya seluas 5 hektar dan ditinggal 35 rumah penduduk Gili labak. Pengunjung pulau ini dapat menjelajahi seluruh pulau dalam 15 menit dengan berjalan kaki.

Rute Menuju Gili Labak

Ada 4 rute yang menjadi titik awal perjalanan. Namun, siapa pun dari luar Jawa Timur atau Sumenep harus terlebih dahulu ke Sumenep untuk mengakses 4 rute tersebut.

1. Tanjung Saronggi

Di sebelah timur persimpangan tiga arah Sarongi, terdapat dermaga yang biasa digunakan sebagai titik awal tamasya ke Gili Labak. Dari dermaga ini Anda bisa menyewa perahu yang biasanya akan mengantar wisatawan ke Gili Labak.

2. Desa Lobuk

Seperti halnya jalur Tanjung Salongi, Anda bisa melewati jalur desa Lobuk ini dengan menggunakan kapal ke Gili Labak. Desa ini memiliki dermaga yang sering digunakan sebagai jalur penyeberangan wisatawan ke Gili Labak.

3. Desa Kombang

Rute ini sebenarnya cukup rumit, namun waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Gili Labak lebih singkat dibandingkan rute lainnya, sehingga banyak pilihan bagi wisatawan. biaya penyebrangannya juga jauh lebih murah. 

Rute ini akan membawa Anda melalui jalur darat dari Kalianget ke Talango dan Kombang lalu ke Gili Labak.

4. Pelabuhan Kalianget

Pelabuhan ini berada di bagian timur wilayah Sumenep. Di sini Anda dapat menyewa perahu yang berangkat dari Gili Labak.


Jam Operasional

Pulau ini buka 24 jam sehari, jadi Anda bisa datang ke Gili Labak kapan saja. Oleh karena itu, jam kerja dan jam operasional Gili Labak tidak ada aturannya sama sekali.

Harga Tiket

Karena jam kerja tidak diatur, pengunjung dan wisatawan yang datang ke Gili Labak dapat memasuki pulai ini tanpa membeli tiket masuk. Harga tiketnya gratis, kecuali biaya sewa peralatan untuk kegiatan wisata yang bisa dilakukan nanti di Gili Labak.

Fasilitas

Sangat disayangkan keindahan Gili Labak dan potensinya untuk menjadi objek wisata di Madura yang banyak diminati wisatawan tidak ditanggapi secara optimis oleh pengelola atau pemerintah daerah.

Gili Labak, fasilitas umum belum tersedia, sehingga yang datang ke pulau ini secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat minat wisatawan. 


Tidak ada fasilitas penjualan, seperti toilet atau warung makan. Pastikan untuk menyiapkan makanan yang cukup agar tidak kelaparan nantinya. Anda masih bisa menggunakan toilet di rumah penduduk sekitar. 

Hal yang sama berlaku untuk akomodasi dan fasilitas untuk kegiatan pariwisata seperti snorkeling. Ketersediaan di pulau ini masih sangat rendah bisa dikatakan tidak ada.

Sebagai contoh, dalam hal akomodasi, beberapa rumah yang disewa oleh penduduk setempat umumnya sudah habis terjual di Penyedia Paket Wisata Gili Labak.(/Bayu Raharjo)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *