Firdaus Fatimah Zahra Replika Ka’bah di Semarang Tempat Manasik Haji/Umroh Paling Mirip

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Salah satu keinginan terbesar setiap umat muslim adalah bisa melihat dan menyentuh Ka’bah. Kini, impian tersebut bukan lagi hal yang mustahil bagi masyarakat di Semarang, berkat keberadaan replika Ka’bah bernama Firdaus Fatimah Zahra.

Firdaus Fatimah Zahra terletak di Jalan Muntal, Gunungpati Semarang, dengan luas total mencapai 4,8 hektare. Tempat ini awalnya milik biro perjalanan Fatimah Zahra yang digunakan sebagai lokasi latihan manasik haji dan umroh. Namun, seiring berjalannya waktu dan banyaknya peminat, tempat ini kemudian dibuka untuk umum.
Dibangun pada tahun 2014 dan mulai lengkap pada tahun 2017, replika ini dilengkapi dengan tiruan bandara, Masjidil Haram, Ka’bah, Masjid Nabawi, Jabal Rahmah, dan lainnya. Tak hanya itu, suhu panas di lokasi ini juga disengaja agar pengunjung dapat merasakan suasana yang hampir mirip dengan Makkah.
Tidak hanya sebagai destinasi wisata, Firdaus Fatimah Zahra juga berfungsi sebagai tempat edukasi. Sehingga, bagi Anda yang ingin mengetahui urutan umroh atau haji sebelum berangkat, tempat ini bisa menjadi acuan.
Berdasarkan kesaksian salah satu pengunjung, Hartad Milarti (54), ia merasa kagum dengan tempat tersebut dan tidak merasa rugi datang bersama rombongan PKK dari Wonosobo untuk belajar urutan berhaji.
“Sangat baik ya. Jadi kalau kita ke sana aslinya sudah tahu tempat dan caranya. Bangunannya bagus, sangat mirip seperti yang dilihat di televisi,” kata Hartad.
Menurut CEO Fatimah Zahra, Mochamad Rifky Azady, jumlah pengunjung Firdaus Fatimah Zahra pada akhir pekan bisa mencapai 5.000 orang.
“Ini dibangun tahun 2014 dan mulai lengkap tahun 2017, sekarang bahkan ada kebun kurma. Dulu hanya untuk jamaah kita tapi ternyata peminatnya banyak, kita buka untuk umum,” kata Rifky
Inilah bukti bahwa keberadaan Firdaus Fatimah Zahra benar-benar memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat, baik dari sisi wisata maupun edukasi.
Operasional Firdaus Fatimah Zahra
Firdaus Fatimah Zahra dibuka untuk umum setiap hari, dimulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk
Pengunjung yang ingin mengunjungi Firdaus Fatimah Zahra dapat membeli tiket dengan biaya Rp 40.000 per orang.
Jadi, untuk Anda yang berada di Semarang atau wilayah sekitarnya, tidak ada salahnya menyempatkan diri mengunjungi tempat unik ini. (*)

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *