Festival Gunung Slamet (FGS) 2023 Kembali Digelar, Bakal Dimeriahkan Oleh Budi Doremi

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Festival Gunung Slamet (FGS #6) acara yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pecinta alam dan wisatawan ini kembali digelar di Purbalingga, Jawa Tengah. FGS akan digelar pada tanggal 28-30 Juli 2023. Acara yang bertempat di Lokasi Wisata D’las Desa Serang Purbalingga ini akan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan menarik, salah satunya penampilan dari musisi terkenal, Budi Doremi.

Festival ini merupakan perayaan yang diadakan oleh masyarakat di sekitar Gunung Slamet untuk menghormati gunung tertinggi di Jawa Tengah tersebut. Acara ini penuh dengan kegiatan yang menarik, dan salah satunya adalah Kirab Air Sikopyah.
Kegiatan Seru Selama Festival
Selama tiga hari, pengunjung akan disuguhkan beragam kegiatan yang menarik dan menghibur. Berikut beberapa kegiatan yang akan diadakan selama Festival Gunung Slamet Purbalingga:
Kirab Air Sikopyah
Kirab Air Sikopyah adalah salah satu rangkaian acara dalam Festival Gunung Slamet yang memiliki nilai budaya dan spiritual yang tinggi. Acara ini melibatkan prosesi mengarak air suci yang diambil dari mata air Sikopyah yang terletak di kaki Gunung Slamet. Air ini diyakini oleh masyarakat setempat memiliki kekuatan magis dan dapat memberikan berkah bagi mereka yang menggunakannya.
Prosesi Kirab Air Sikopyah dimulai dengan upacara adat yang dilakukan oleh para tetua adat dan pemuka agama di sekitar Gunung Slamet. Mereka akan membaca doa-doa dan mantra-mantra khusus untuk memohon berkah kepada Tuhan dan semesta. Setelah itu, air suci dari mata air Sikopyah akan diambil dan ditempatkan dalam sebuah bejana khusus yang disebut “Kendi”.
Kemudian, para peserta kirab akan mengenakan pakaian adat khas daerah Gunung Slamet dan membawa Kendi berisi air suci tersebut. Prosesi ini melibatkan ratusan orang yang berjalan kaki dari mata air Sikopyah menuju pusat perayaan Festival Gunung Slamet. Selama prosesi, peserta akan menari dan menyanyikan lagu-lagu khas daerah tersebut.
Akustik Kabut Lembut Budi Doremi
Musisi terkenal, Budi Doremi, akan menghibur pengunjung dengan penampilan akustiknya yang melankolis dan menyentuh hati.
Perang Tomat
Perang Tomat merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung. Peserta akan melempar tomat ke arah satu sama lain, membuat acara ini semakin seru dan mengasyikkan.
Eits! Jangan marah dulu, perang tomat ini dilakukan dengan penuh rasa senang dan gembira, jadi tidak ada yang menaruh dendam didalamnya. Selain itu tomat yang digunakan juga merupakan tomat yang sudah tidak terpakai atau tidak layak konsumsi.
Bersih Desa dan Kenduri
Acara Bersih Desa dan Kenduri akan diadakan sebagai bentuk rasa syukur dan memohon keselamatan kepada Tuhan. Seluruh warga desa akan ikut serta dalam kegiatan ini.
Serang Bershalawat Bersama Qasima
Serang Bershalawat akan dimeriahkan oleh grup musik religi Qasima. Mereka akan membawakan lagu-lagu religi yang menyentuh hati.
Kampung Dodolan
Kampung Dodolan merupakan tempat di mana pengunjung dapat membeli berbagai produk lokal dan oleh-oleh khas Purbalingga.
Lomba Mewarnai
Lomba mewarnai akan diadakan untuk anak-anak, mengajak mereka untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui seni.
Pentas Seni Desa Wisata Purbalingga
Pentas seni yang menampilkan berbagai kesenian tradisional dan modern dari desa wisata Purbalingga.
Barongsai
Pertunjukan Barongsai akan menghibur pengunjung dengan gerakan atraktif dan akrobatik.
Harmoni Keroncong Muda
Harmoni Keroncong Muda merupakan pertunjukan musik keroncong yang akan membawa pengunjung ke suasana nostalgia.
Ambyar Project
Ambyar Project akan menghadirkan musik dangdut koplo yang meriah dan menggoyangkan pengunjung.
Festival Gunung Slamet Purbalingga 2023 ini GRATIS bagi seluruh pengunjung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menghadiri acara ini dan menikmati berbagai kegiatan seru yang telah disiapkan! (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *