Festival Bawang Merah, Ajang Pengenalan Hasil Pertanian Brebes

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Untuk merayakan keberhasilan panen bawang merah, Pemerintah Kabupaten Brebes berkolaborasi dengan masyarakat setempat menggelar Festival Bawang Merah Brebes. Acara ini dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari pada 25-27 Juli 2023 di Kompleks Islamic Center, Brebes, Jawa Tengah.

Festival Bawang Merah Brebes merupakan bentuk apresiasi dan rasa syukur masyarakat Brebes atas panen bawang merah yang melimpah. Bawang merah dari daerah ini dikenal sebagai produk unggulan berkualitas tinggi dan menjadi salah satu komoditas pertanian utama di Indonesia.
Festival Ini Lebih dari Sekadar Pesta Panen
Dalam festival ini, berbagai kegiatan menarik diselenggarakan, termasuk pameran bawang merah dan forum diskusi yang membahas isu dan tantangan dalam pertanian bawang merah serta potensi pengembangannya. Pengunjung festival juga berkesempatan untuk melihat dan membeli bawang merah segar langsung dari petani.
Dirjen Hortikultura, Prihasto Setyanto, memberikan dukungan dan apresiasi atas penyelenggaraan Festival Bawang Merah Brebes. Prihasto berharap festival ini dapat memicu inovasi dan penerapan teknologi tepat guna dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan, antara lain dengan melakukan penyimpanan dan redistribusi.
Festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pertanian lokal, dan meningkatkan produksi bawang merah sehari-hari. Ini turut diperkuat oleh penyertaan aplikasi Si Juna, yang berfungsi untuk memonitor waktu panen dan penjualan agar dapat stabil.
Brebes, Pusat Produksi Bawang Merah Terbesar di Indonesia
Bawang merah Brebes tidak hanya menjadi pusat perhatian dalam festival ini, tetapi juga merupakan andalan produksi bawang merah terbesar di Indonesia. Dengan diselenggarakannya festival ini, masyarakat lebih mengenal potensi bawang merah dan bagaimana hal tersebut dapat berdampak positif secara luas, terutama bagi masyarakat Brebes.
Festival Bawang Merah menjadi langkah penting dalam memajukan pertanian Indonesia. Ini membuka pintu bagi petani lokal untuk merayakan panen, berbagi pengetahuan dan memperkenalkan keragaman produk pertanian mereka ke publik yang lebih luas. (*)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *