Fakta Menarik Blue Mosque, Destinasi Religi Megah Bak Istana

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Turki sebagai negara paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing salah satunya wisata religi Blue Mosque. Ya, fakta menarik Blue Mosque ini sangat membuat penasaran semua orang sehingga banyak yang ingin mengunjunginya.

Keindahan masjid biru dari Turki ini memang sangatlah memikat hati apalagi bagi para pengunjung muslim dari berbagai negara. Masjid julukan dari Sultan Ahmed ini merupakan bangunan terbesar di dunia lho.

Namanya disebut dengan Sultan Ahmet Cami ini karena lokasinya tepat pada distrik Sultan Ahmed, telah menampung semua situs termasuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

 pixabay.com

 

Inilah Fakta Menarik Blue Mosque Turki Yang Membuat Wisatawan Ingin Selalu Mengunjunginya!

Masjid Biru atau Blue Mosque ini merupakan bangunan termegah dan tercantik di negara Turki. Semua fakta menarik Blue Mosque ini menjadikannya sebagai tempat wisata religi paling menarik dan wajib dikunjungi. Nah, berikut beberapa fakta menarik dan unik dari Masjid Biru megah Turki ini.

Ubin Masjid Berwarna Biru

Masjid Sultan Ahmed mendapatkan julukan sebagai Masjid Biru karena ubinnya. Julukan Masjid Biru tersemat sebab interior sangat menakjubkan dilapisi lebih dari 20.00 ubin Iznik buatan tangan. Iznik merupakan kota Anatolia yang terkenal dengan tembikar tradisionalnya.

Ubin keramik Iznik pada Masjid Biru Turki ini memiliki warna pirus. Tingkat atas pada Masjid ini dicat warna biru. Hal tersebutlah menjadi alasan mengapa Masjid Sultan Ahmed disebut Masjid Biru. Ubin biru menampilkan lebih dari 50 desain tuli berbeda-beda.

Memiliki 6 Menara

Blue Mosque ini salah satunya masjid di Istanbul dengan mempunyai enam menara. Pertama kali dibangun, menara tersebut memicu permasalahan. Pasalnya, pada saat itu, Mekah sebagai satu-satunya masjid dengan enam menara. Lantaran hal tersebut, banyak komunitas melihatnya tidak menghormati Ka’bah.

Untuk menebusnya, Sultan Ahmed I membiayai menara ketujuh pada masjid di Mekah. Selain enam menara, Blue Mosque memiliki 260 jendela kaca patri, satu kubah besar, dan delapan kubah kecil.

Blue Mosque Merupakan Julukan

Dikenal sebagai Masjid Biru, rupanya nama ini merupakan sebuah julukan. Masjid Biru sebenarnya merupakan julukan untuk Masjid Sultan Ahmed di Istanbul sebagai salah satu karya terpenting dalam sejarah Ottoman. Sultan Ahmed I mulai membangun masjid ini pada tahun 1609 dan pembangunanya selesai pada tahun 1616.

Fakta menarik Blue Mosque sebagai masjid paling megah dan besar di Turki ini memang membuat pengunjung betah semakin betah berlama-lama di sana. Apalagi selain sebagai tempat wisata, Blue Mosque juga sebagai tempat ibadah atau religi umat muslim.

kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *