Estimasi Waktu Pendakian Gunung Slamet Via Permadi Guci

banner 468x60

TEGAL, KANGENTRAVELING.COM – Pembukaan jalur teranyar Gunung Slamet terlaksana dengan baik dan berhasil diresmikan pada tahun 2017. Jalur baru ini diberi nama Permadi. Penamaanya diambil dari singkatan Pemuda Reformasi Mitra Damai Desa Guci.

Bagi para pendaki, jalur pendakian via permadi sudah tidak asing lagi. Selain dikenal landai, pemandangan indah pun sudah barang tentu kalian dapatkan apabila melewati salah satu jalur yang terletak di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Namun, bagi sobat traveler yang belum tahu tentu ada hal-hal yang harus dipertimbangkan salah satunya estimasi waktu.
Berikut adalah estimasi waktu pendakian gunung slamet jalur permadi guci,Tegal👇
Basecamp – Pos 1 Blakbak 1695 mdpl (±120 menit)
Melewati jalan beton sampai batas hutan produksi pinus dan ladang warga, lanjut track tanah dan melewati 3 sungai yang kiri-kanan hutan lumut. Dengan membayar 30 ribu kita bisa menghemat waktu dan tenaga ±60 menit menggunakan jasa ojek sampai pertengahan basecamp-pos 1 (view point)
Pos 1 Blakbak – Pos 2 Rimpakan (±120 menit)
Track tanah mulai menanjak dan melingkar punggungan, hutan lumut dan semak belukar yang sangat lebat. Ada beberapa simpangan tepat diatas jurang “harap berhati-hati”
Pos 2 Rimpakan – Pos 3 Selo Petak (±120 menit)
Track lumayan landai dengan hutan yang masih sama dengan jalur sebelumnya namun ada satu hal yang membedakan yaitu kita akan mendengar suara dari serangga tenggeret sepanjang ±200 meter setelah pos 2.
Pos 3 Selo Petak – Pos 4 Ranu Amreta (±90 menit)
Pos 3 tempatnya sudah mulai terbuka dan berada tepat dibawah punghungan/tebing, dari sini kita akan melingkar melewati hutan perdu, semak belukar dan menyebrangi sungai sebelum sampai pos 4
Pos 4 Ranu Amreta – Pos 5 Watu Ireng (±120 menit)
Dengan track yang sempat menurun dan landai, namun berubah menjadi sangat terjal dan melewati 2 sungai (sungai ketika hujan) Rekomendasi camp dipos 4 ya, selain bisa menampung ±30 tenda, dipos ini terdapat sungai langsung dari mata air meskipun musim kemarau.
Pos 5 Watu Ireng – Puncak (±120-180 menit)
Meskipun puncak sudah terlihat sangat jelas “dekat dimata jauh dikaki”, dari sini fisik dan mental kita bener-benar diuji untuk melewati track batuan rapuh, keras, tajam dan pasir. Namun sudah dipasang tali ±200 meter disebelum simpangan puncak untuk mempermudah saat naik dan turun.
Sumber : Instagram/Slametmountain
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *