Erau Adat Benua Tuha Tahun 2023 di Desa Sabintulung, Pentas Seni Massal Legenda Benua Tuha

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM – Pada tanggal 15 Juli 2023, gemuruh suara gong melambangkan dimulainya Erau Adat Benua Tuha di Desa Sabintulung, Kec Muara Kaman.
Kegiatan ini berlangsung hingga tanggal 22 Juli 2023 mendatang, menjadi perayaan selama seminggu yang disaksikan oleh ribuan warga.
Merupakan bagian integral dari pelestarian adat dan budaya etam orang Kutai, Erau Adat Benua Tuha memainkan peran penting dalam mendukung Program Dedikasi K3M. 
Adanya dukungan dan komitmen dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memungkinkan perayaan ini bisa terlaksana setiap tahun, menjaga agar warisan budaya terus lestari.
Pembukaan Erau Adat ini diwarnai dengan pentas seni Tari Massal yang ditarikan oleh Putra-Putri Benua Tuha, dengan tema Legenda Benua Tuha.
Pada kesempatan itu, sumbangan dari berbagai instansi dan perorangan turut mendukung pelaksanaan acara ini. Total sumbangan yang diterima panitia mencapai Rp 686.800.000,-, dengan kontribusi dari Dinas Pariwisata Kukar, Ekraf Pemda Kukar, Pemerintahan Desa Sabintulung, serta beberapa nama dan entitas lain.
Erau Adat Benua Tuha di Desa Sabintulung ini menjadi gambaran bagaimana simbol-simbol kebudayaan dan entitas budaya orang Kutai dipuliakan. Setiap usaha untuk kemajuan kebudayaan, dianggap sebagai suatu langkah positif dalam meningkatkan warisan budaya.
Kegiatan ini menjadi bukti bagaimana pelestarian budaya dapat sejalan dengan partisipasi aktif masyarakat dan dukungan finansial dari berbagai pihak. Pembukaan Erau Adat Benua Tuha Tahun 2023 di Desa Sabintulung menjadi lanskap budaya yang membanggakan, dan semoga menjadi inspirasi bagi pelestarian adat dan budaya lainnya di berbagai wilayah.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *