Era Para Raja Bagian 1; Panjalu dan Jenggal

banner 468x60
KANGENTRAVELING.COM – Kisah ini di rangkum dari segala sumber yang ada, Kesalahan ketik, penyebutan nama adalah murni dari sumber tersebut yang sengaja tidak ingin disebutkan nama,  tempat,  profesi dan segala sesuatunya.
Kisah ini hanyalah semata untuk mengingatkan generasi saat ini untuk tetap melek terhadap sejarah yang pernah terjadi di masa lampau, jauh sebelum ibu bapak,  kakek,  nenek, buyut dilahirkan. Langsung saja simak kisahnya.
Masih ingat kisah Empu Bharada mertua Ratna Mangalih, sekaligus bessan dari Calonarang?  yang dengan kesaktiannya mampu mengendarai daun menuju Bali untuk menyampaikan keinginan Raja Erlangga agar anaknya mewarisi kerajaan di Bali?  Namun kemudian keinginan tersebut ditolak hingga Raja Erlangga terpaksa membagi kerajaannya sendiri yang saat itu mencapai kejayaannya demi menghindari perebutan kekuasaan. 
Ditangan Empu Bharada itulah kerajaan pun terbagi menjadi dua bagian yaitu Panjalu dan Jenggala.  Kedua kerajaan itu hanya dibatasi gunung kawi dan sungai berantas. Ceritapun berlanjut..
Nusantara Tahun 1042 Masehi
Usai membagi kerajaannya Raja Erlangga pun menobatkan kedua putranya yang bernama Sri Samarawijaya dan Mapanji Garaksaan menjadi Raja.
Raja Samarawijaya kemudian menjadi raja pertama Kediri di wilayah barat bernama kerajaan Panjalu. Sementara Mapanji menjadi Raja di wilayah timur bernama kerajaan Jenggala daerah kahuripan (sekarang disebut malang).
Kerajaan Panjalu Kediri meliputi Kediri, Madiun, dan ibukotanya adalah Daha. hayoo siapa yang pernah transit di stasiun Daha? bagi tiket donk 😆
Sementara Kerajaan Jenggala meliputi Malang, Rembang, Pasuruan sampai Pelabuhan Surabaya. 
Awalnya, Kerajaan Panjalu Kediri hanya berpusat di daerah Kediri dan Madiun saja. Tapi karena merasa berhak atas tahta Erlangga yang telah pensiun maka terjadilah konflik yang menimbulkan perang selama 60 tahunan. Namun karena dimenangkan kerajaan panjalu akhirnya lambat laun.
Tunggu Cerita Berikutnya….
Penulis: Sang Perindu
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *