Eksplorasi Kota-Kota Bersejarah: Wisata Budaya di 7 Kota Tua Terkenal di Dunia

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Setiap kota tua di dunia memiliki pesona tersendiri yang membuat wisatawan terpikat, baik karena kekayaan budaya, sejarah, atau arsitektur yang menawan. Berikut ini adalah tujuh kota tua terkenal di dunia yang patut Anda masukkan dalam daftar kunjungan wisata budaya.

1. Roma, Italia

Read More
Jurnal

Roma dikenal sebagai “Kota Abadi”, ibukota Italia ini menawarkan banyak saksi bisu peradaban Romawi kuno seperti Colosseum, Forum Romawi, dan Pantheon. Jelajahi kota ini sembari menyaksikan betapa besar pengaruh peradaban Romawi dalam perkembangan dunia.

2. Istanbul, Turki

Berada di perbatasan benua Asia dengan Eropa, Istanbul menawarkan harmoni perpaduan peradaban Timur dan Barat. Nikmati kemegahan Hagia Sophia, Sultanahmet Camii atau Blue Mosque, dan Topkapı Sarayı. Jangan lupa untuk mampir ke Grand Bazaar yang merupakan pusat perdagangan sejak abad ke-15.

3. Petra, Yordania

Petra adalah kota terselip yang terpahat dari bebatuan merah jambu dan menjadi salah satu keajaiban dunia. Didirikan oleh bangsa Nabatea lebih dari 2000 tahun lalu, wisatawan kini bisa menjelajahi monumen bersejarah seperti Al Khazneh (The Treasury), The Monastery, dan Street of Facades.

4. Machu Picchu, Peru

Terletak di puncak pegunungan Andes di Peru, Machu Picchu merupakan pusat kemegahan peradaban Inka. Berkunjunglah ke reruntuhan kota ini dan rasakan semangat kehidupan masyarakat Inka yang harmonis dengan alam. Walaupun tempat ini terpencil, namun keindahannya sangat memukau.

5. Angkor Wat, Kamboja

Kota tua ini merupakan salah satu reruntuhan kuil Buddha dan Hindu terbesar di dunia. Angkor Wat menunjukkan kejayaan peradaban Khmer pada masa lalu. Luangkan waktu untuk mengeksplorasi kompleks kuil ini dengan melihat relief dalam, patung Buddha, dan pagarapi yang dimahkotai lotus.

6. Jerusalem, Israel

Jerusalem merupakan kota suci bagi tiga agama monoteistik besar, yaitu Islam, Yahudi, dan Kristen. Kota tua ini menawarkan berbagai destinasi menarik mulai dari tembok kota tua, lokasi ibadah seperti Kubah Shakhrah dan Al-Aqsa Mosque bagi Muslim, Western Wall bagi Yahudi, serta Church of the Holy Sepulchre bagi Kristen.

7. Córdoba, Spanyol

Córdoba pernah menjadi pusat peradaban Moor Umayyad lebih dari seribu tahun lalu. Kejayaan peradaban ini masih bisa dilihat pada bangunan Moorish seperti La Mezquita yang kini menjadi Katedral Córdoba serta Alcázar de los Reyes Cristianos. Selain itu, jangan lupa menikmati keindahan arsitektur dan lanskap di jalan-jalan kota.

Meski ada ratusan destinasi wisata bersejarah lainnya di berbagai penjuru dunia, ketujuh kota tua ini menawarkan pengalaman yang kaya akan kebudayaan, sejarah, dan arsitektur. Saat mengunjungi tempat-tempat ini, usahakan untuk menghargai dan menjaga kelestarian peninggalan bersejarah agar warisan budaya ini tetap abadi dinikmati oleh generasi mendatang. Selamat berwisata!

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *