Eksotika Air Terjun yang Berubah Jadi Embun: Keajaiban Alam di Pagaralam

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Pagaralam, sebuah kabupaten di Sumatera Selatan, menawarkan keindahan alam yang mempesona dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Terletak di kawasan Bumi Besemah yang dahulu merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya, Pagaralam kaya akan peninggalan purba berupa batu megalith dan dikelilingi oleh dua dataran tinggi, yaitu Bukit Barisan dan Gunung Dempo.

Salah satu keajaiban alam yang dapat ditemui di sini adalah Curug Embun, air terjun eksotis yang berubah menjadi embun saat mencapai dasar.
Curug Embun terletak di Desa Pematang Bango, kaki Gunung Dempo, Pagaralam. Dari Kota Palembang, perjalanan darat menuju ke lokasi memakan waktu sekitar 8 jam melalui Kabupaten Prabumulih dan Lahat. 
Namun, kini sudah ada penerbangan lokal yang melayani rute Palembang-Pagaralam, sehingga jarak tersebut bisa dicapai dalam waktu tidak lebih dari setengah jam.
Dari pusat Kota Pagaralam, jarak ke Curug Embun hanya sekitar 2 km atau sekitar 15 menit perjalanan.
Untuk mencapai lokasi Curug Embun, pengunjung harus berjalan menuruni bukit selama 10 menit melalui jalan yang cukup curam dan basah.
Namun, pengelola air terjun telah menyediakan pembatas besi di sepanjang jalan setapak untuk memudahkan pengunjung.
Curug Embun merupakan air terjun dengan ketinggian terbesar di Pagaralam, mencapai 100 meter, meskipun volume airnya tidak begitu besar. Ketinggian dan volume air yang kecil ini menjadi ciri khas air terjun ini, sehingga air yang jatuh dari atas akan berubah menjadi embun saat mencapai dasar.
Air yang jatuh dari ketinggian 100 meter itu kemudian mengalir dan terkumpul di kolam alami di bawahnya. Di kolam yang penuh dengan batu gunung ini, para wisatawan biasanya menghabiskan waktu untuk berendam dan bermain air.
Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, hanya Rp2000/orang, Curug Embun menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Pagaralam. Tidak heran jika saat liburan, air terjun unik ini sering dikunjungi oleh para wisatawan.
Curug Embun menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menarik bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam di Pagaralam. Keberadaan air terjun ini menjadi bukti kekayaan alam Indonesia yang patut untuk dijaga dan dilestarikan. (/kt)
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *