Duh, Tempat Wisata Ini Terbengkalai

banner 468x60

KANGENTRAVELING.COM – Sebagai kota yang dikenal kaya dengan tempat wisata, Bandung memiliki berbagai destinasi yang telah lama menjadi favorit para wisatawan. Namun, tidak semua tempat wisata tersebut masih beroperasi. Nyatanya, ada beberapa tempat wisata yang kini terbengkalai dan sepi pengunjung.

Salah satu tempat wisata yang kini terbengkalai adalah Kampung Gajah Wonderland yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini, yang dulunya ramai pengunjung, kini menjadi sunyi dan sepi. Ditengarai hal ini terjadi akibat objek wisata seluas 60 hektar ini dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada akhir 2017.
Tempat wisata lainnya yang juga mengalami nasib serupa yaitu Wisata Alam Cimanggu Ciwidey. Tempat wisata yang pernah menjadi primadona pada zamannya, kini juga terbengkalai dan sepi pengunjung. Berdasarkan unggahan akun TikTok @taheuy, terlihat jelas kondisi taman wisata Cimanggu Ciwidey yang sudah dipadati daun-daun kering dan struktur bangunan yang ditutupi tumbuhan liar.
Satu lagi tempat wisata yang terbengkalai di Bandung, adalah Chinatown Bandung. Lokasi yang diresmikan pada tahun 2017 ini, kini mengalami nasib yang sama; berubah menjadi tempat yang sunyi dan sepi.
Berbagai tempat wisata ini, yang sebelumnya menjadi destinasi favorit wisatawan, kini menjadi tempat wisata terlantar yang mencerminkan kondisi perekonomian yang sedang menurun. Fenomena ini tentu menyedihkan dan baiknya menjadi perhatian pemerintah setempat untuk ditinjau dan dicarikan solusinya.
Meski demikian, kondisi tempat wisata yang terbengkalai ini bisa menjadi pelajaran bagi para pemilik dan pengelola tempat wisata lainnya. Ada baiknya mereka melakukan peninjauan dan evaluasi terhadap pengelolaan tempat wisata yang mereka miliki.
Melihat kondisi tempat wisata ini, kita semua diingatkan lagi bahwa menjaga dan merawat tempat wisata menjadi salah satu hal penting dalam meningkatkan pariwisata di Indonesia.
kangentraveling.com
banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *